Author
Widia Winata(1), Ahmad Susanto(2), Ahmad Suryadi(3), Malpaleni Satriana(4), Siti Rohaeni(5),
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(2)
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia(4)
KB/TK Labschool Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(5)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2021-06-25
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 880 times PDF Downloaded: 958 timesAbstract
Keywords
References
Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924
Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 55-61. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8
Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. (2015). Educational gymnastics: The effectiveness of montessori practical life activities in developing fine motor skills in kindergartners. Early Education and Development, 26(4), 594-607. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.995454
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Creswel, J. W. (2009). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Research Design.
Dabis, Y. (2019). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 55-65. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.59
Efendi. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, Dan Antropologi. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788
Feez, S. (2013). Montessori and Early Childhood: A Guide for Students. In Montessori and Early Childhood: A Guide for Students. SAGE Publications Ltd. 1st edition (October 16, 2009). https://doi.org/10.4135/9781446269343
Fitri, I. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life di TK Annisa. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 23-45. https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2234
Glover, G., & Landreth, G. L. (2015). Child-Centered Play Therapy. In Handbook of Play Therapy: Second Edition (pp. 93-118). https://doi.org/10.1002/9781119140467.ch5
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Irsad, M. (2018). Metode Maria Montessori Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 51. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.16
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62-69.
https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Kartini, K., & Waridah, W. (2018). Implementasi pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 191-201. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.23132
Kasta, A. (2019). Peningkatan kreativitas seni anak melalui kolase dengan menggunakan daun pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 19. https://doi.org/10.29210/3003297000
Kurniawati, N., & Hayati, T. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Skill. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 49-60. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8105
Lillard, A. S. (2013). Playful learning and Montessori education. American Journal of Play.
Lumanta, E., Gunawan, P. R., & Tjandra, M. (2019). Perancangan Media Informasi Untuk Menanggulangi Kecanduan Gawai Pada Anak. Serat Rupa, 3(1), 48-60.
https://doi.org/10.28932/srjd.v3i1.1055
Marshall, C. (2017). Montessori education: a review of the evidence base. Npj Science of Learning, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.1038/s41539-017-0012-7
Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 102-114.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini". PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Nuraina, Damayanti, E., & Ikawati, A. (2018). Digital Media Dongeng Berbasis Animasi Sebagai. Jurnal Likhitaprajna, 20(2), 177-183.
Nurendah, G., Musthofa, M. A., & Maslihah, S. (2019). Model Pengasuhan Bagi Anak Didik LPKA. Jurnal Psikologi Insight, 3(2), 80-87. https://doi.org/10.17509/insight.v3i2.22348
Nurhidayati, N., Sugiyah, S., & Yuliantari, K. (2021). Pengaturan Perlindungan Data Pribadi Dalam Penggunaan Aplikasi Pedulilindungi. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 5(1), 39-45. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.9447
Pura, D. N. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9, 181-200. https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Risma, D., Solfiah, Y., & Satria, D. (2019). Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322
Rule, A. C., & Stewart, R. A. (2002). Effects of practical life materials on kindergartners' fine motor skills. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1023/A:1016533729704
Santoso, A. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 50-54.
https://doi.org/10.7454/jvi.v6i2.119
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective. In Reading.
Sriwahyuni, E., Asvio, N., & Nofialdi, N. (2017). Metode Pembelajaran Yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 44. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010
Stendler, C. (1965). The Montessori Method. Educational Forum, 29(4), 431-435. https://doi.org/10.1080/00131726509339429
Sugiarti, D. Y. (2009). Mengenal Home Schooling Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif. Edukasi, 1(2), 13-22. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/edukasi/article/view/691
Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333
Syamsudin, A. (2017). Evaluasi Ketercapaian Standar Isi Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Pada Semester Gassal 2016/2017 Kb/Tk Pedagogia. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12374
Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243
Utami, P., & Mubarak, A. (2018). Model Pengasuhan Anak Terkait Penggunaan Internet di Asia. Prosiding Nasional Psikologi. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/PronaP/article/view/1493
Wahab, W. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PUSAKA, 6(1), 79-92. https://doi.org/10.31969/pusaka.v6i1.39
Winata, W. (2018). Penerapan Model Homeschooling untuk Anak Usia Dini Berbasis Practical Life. Dikti.
Winata, W. (2019). Alat Peraga Edukatif dari Barang Bekas. https://www.youtube.com/watch?v=TbksC3k6xv4
Winata, W., Khaerunnisa, K., & Farihen, F. (2017). Perkembangan Seksual Anak Usia Dua Tahun (Studi Kualitatif Perkembangan Seksual Pada Zakia). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 342-357. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.12
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Refbacks
- There are currently no refbacks.