Model Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Practical Life di Homeschooling Tunggal

Author


Widia Winata(1Mail), Ahmad Susanto(2), Ahmad Suryadi(3), Malpaleni Satriana(4), Siti Rohaeni(5),
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(2)
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia(4)
KB/TK Labschool Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 380KB]

Published : 2021-06-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 880 times PDF Downloaded: 958 times

Abstract


Anak usia dini berada dalam fase bermain, bergerak secara aktif. Munculnya penggunaan teknologi membuat anak cenderung banyak menggunakan media tersebut dan membuat anak kurang bergerak. Oleh karenanya dibutuhkan model pengasuhan di era digital yang berbasis practical life agar aktivitas anak dapat seimbang. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model pengasuhan berbasis practical life sebagai upaya preventif menghindari pengaruh negatif penggunaan teknologi. Model dikembangkan berdasarkan teori Montessori yang dipadukan dengan Research and Development model Dick and Carey. Desain pembelajaran disusun untuk anak usia 3-4 tahun yang diasuh di rumah (homeschooling tunggal). Penelitian ini berlangsung selama satu tahun dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sederhana dengan mengikuti langkah model Dick and Carey; mengidentifikasi pembelajaran, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menampilkan langkah model pengasuhan dimulai dari need assessment, demonstrasi, latihan independen, relasi konteks lain, dan evaluasi sebagai langkah preventif dalam menanggulangi pengaruh negatif penggunaan teknologi.

Keywords


model pengasuhan; anak usia 3-4 tahun; practical life; aspek perkembangan anak; homeschooling

References


Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924

Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 55-61. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8

Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. (2015). Educational gymnastics: The effectiveness of montessori practical life activities in developing fine motor skills in kindergartners. Early Education and Development, 26(4), 594-607. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.995454

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Creswel, J. W. (2009). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Research Design.

Dabis, Y. (2019). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 55-65. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.59

Efendi. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, Dan Antropologi. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788

Feez, S. (2013). Montessori and Early Childhood: A Guide for Students. In Montessori and Early Childhood: A Guide for Students. SAGE Publications Ltd. 1st edition (October 16, 2009). https://doi.org/10.4135/9781446269343

Fitri, I. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life di TK Annisa. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 23-45. https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2234

Glover, G., & Landreth, G. L. (2015). Child-Centered Play Therapy. In Handbook of Play Therapy: Second Edition (pp. 93-118). https://doi.org/10.1002/9781119140467.ch5

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Irsad, M. (2018). Metode Maria Montessori Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 51. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.16

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62-69.
https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Kartini, K., & Waridah, W. (2018). Implementasi pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 191-201. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.23132

Kasta, A. (2019). Peningkatan kreativitas seni anak melalui kolase dengan menggunakan daun pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 19. https://doi.org/10.29210/3003297000

Kurniawati, N., & Hayati, T. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Skill. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 49-60. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8105

Lillard, A. S. (2013). Playful learning and Montessori education. American Journal of Play.

Lumanta, E., Gunawan, P. R., & Tjandra, M. (2019). Perancangan Media Informasi Untuk Menanggulangi Kecanduan Gawai Pada Anak. Serat Rupa, 3(1), 48-60.
https://doi.org/10.28932/srjd.v3i1.1055

Marshall, C. (2017). Montessori education: a review of the evidence base. Npj Science of Learning, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.1038/s41539-017-0012-7

Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 102-114.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini". PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nuraina, Damayanti, E., & Ikawati, A. (2018). Digital Media Dongeng Berbasis Animasi Sebagai. Jurnal Likhitaprajna, 20(2), 177-183.

Nurendah, G., Musthofa, M. A., & Maslihah, S. (2019). Model Pengasuhan Bagi Anak Didik LPKA. Jurnal Psikologi Insight, 3(2), 80-87. https://doi.org/10.17509/insight.v3i2.22348

Nurhidayati, N., Sugiyah, S., & Yuliantari, K. (2021). Pengaturan Perlindungan Data Pribadi Dalam Penggunaan Aplikasi Pedulilindungi. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 5(1), 39-45. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.9447

Pura, D. N. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9, 181-200. https://doi.org/10.21009/JPUD.091

Risma, D., Solfiah, Y., & Satria, D. (2019). Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322

Rule, A. C., & Stewart, R. A. (2002). Effects of practical life materials on kindergartners' fine motor skills. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1023/A:1016533729704

Santoso, A. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 50-54.
https://doi.org/10.7454/jvi.v6i2.119

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective. In Reading.

Sriwahyuni, E., Asvio, N., & Nofialdi, N. (2017). Metode Pembelajaran Yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 44. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010

Stendler, C. (1965). The Montessori Method. Educational Forum, 29(4), 431-435. https://doi.org/10.1080/00131726509339429

Sugiarti, D. Y. (2009). Mengenal Home Schooling Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif. Edukasi, 1(2), 13-22. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/edukasi/article/view/691

Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Syamsudin, A. (2017). Evaluasi Ketercapaian Standar Isi Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Pada Semester Gassal 2016/2017 Kb/Tk Pedagogia. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12374

Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243

Utami, P., & Mubarak, A. (2018). Model Pengasuhan Anak Terkait Penggunaan Internet di Asia. Prosiding Nasional Psikologi. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/PronaP/article/view/1493

Wahab, W. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PUSAKA, 6(1), 79-92. https://doi.org/10.31969/pusaka.v6i1.39

Winata, W. (2018). Penerapan Model Homeschooling untuk Anak Usia Dini Berbasis Practical Life. Dikti.

Winata, W. (2019). Alat Peraga Edukatif dari Barang Bekas. https://www.youtube.com/watch?v=TbksC3k6xv4

Winata, W., Khaerunnisa, K., & Farihen, F. (2017). Perkembangan Seksual Anak Usia Dua Tahun (Studi Kualitatif Perkembangan Seksual Pada Zakia). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 342-357. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.12

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.