Abstract
Masih rendahnya kemampuan pendidik dalam membuat media video pembelajaran yang kreatif dan inovatif mengakibatkan kurangnya stimulasi terhadap perkembangan anak, padahal lingkungan terdekat dengan anak yang berbaur dengan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran yang Valid, Prakis dan Efektif dalam menstimulasi perkembangan anak. Pengenalan kearifan lokal sejak dini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) (4D) Thiagarajan. Hasil uji yang dilakukan ialah uji validitas, praktikalitas dan efektivitas terhadap video pembelajaran. Hasil uji validitas dengan hasil rata-rata 83% pada kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas angket respon Guru untuk video pembelajaran dengan hasil rata-rata 93% pada kategori sangat praktis. Adapun angket respon Orangtua dengan hasil rata-rata 84,71% pada kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil uji efektifitas pada video pembelajaran pada kategori sangat efektif
Keywords
media video; pembelajaran tematik; kearifan lokal