Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal

Author


Dadan Suryana(1Mail), Aini Hijriani(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 362KB]  Language: id
Available online: 2021-08-05  |  Published : 2021-08-05
Copyright (c) 2021 Dadan Suryana, Aini Hijriani
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 163 times PDF Downloaded: 54 times

Abstract


Masih rendahnya kemampuan pendidik dalam membuat media video pembelajaran yang kreatif dan inovatif mengakibatkan kurangnya stimulasi terhadap perkembangan anak, padahal lingkungan terdekat dengan anak yang berbaur dengan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran yang Valid, Prakis dan Efektif dalam menstimulasi perkembangan anak. Pengenalan kearifan lokal sejak dini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) (4D) Thiagarajan. Hasil uji yang dilakukan ialah uji validitas, praktikalitas dan efektivitas terhadap video pembelajaran. Hasil uji validitas dengan hasil rata-rata 83% pada kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas angket respon Guru untuk video pembelajaran dengan hasil rata-rata 93% pada kategori sangat praktis. Adapun angket respon Orangtua dengan hasil rata-rata 84,71% pada kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil uji efektifitas pada video pembelajaran pada kategori sangat efektif

Keywords


media video; pembelajaran tematik; kearifan lokal

References


Afrizon, R., & Dwiridal, L. (2017). Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan Lokal Budaya Sumatera Barat. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 9. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.60

Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi, 3(1), 13-69. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2069

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika, 3(1), 50-58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Astuti, S. D. (2016). Transmisi Budaya dan Kearifan Lokal pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian, 13(1), 1-14. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i1.1190

Damayanti, R. A., & Ardyharini, V. V. (2020). Makna Spiritual di Balik Bangunan Arsitektur Rumah Gadang Istana Basa Pagaruyung. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 17(1), 1-14.

Dimyati, J. (2018). Pembelajaran Terpadu. Prenadameda Group.

Diyenti, A. K. (2017). Model Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini Dalam Kurikulum 2013. Padang: Universitas Negeri Padang.

El-Fiah, R. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Rajawali Pers.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta :Ar-Ruzz Fadlillah.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Gerlach, V. G., & Ely, D. P. (1971). Teaching and Media. A Systematic Approach. Englewood Cliffs: Pentice Hall Inc.

Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320-326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176

Gusnetti, S., & Isnanda, R. (2015). Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2), 183-192. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, N. I., & Mursyida, L. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 87-88.

Hidayati, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Bagi Anak Usia Dini di Kota Padang. Universitas Negeri Padang.

Hijriani, A. (2020). The Effect of Application Rumah Gadang Puzzle Games on Improving Students' Numeral Ability at TK Permata Hati Sungai Tarab Tanah Datar. Atlantis Press, 449(Icece 2019), 193-200. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.040

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDI, 1(1), 92-105.
https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Kusai, Bathara, L., & Saputra, L. (2014). Kearifan Lokal Masyarakat Terhadap Kelestarian Populasi Ikan Bilih (Mystacoleuseus Padangensis) di Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. 42(2), 28-36.

Mahyuddin, N., Yasmis, S., & Abna, H. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45-60. https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Mardiani, T., Zulminiati, & Mahyuddin, N. (2018). Hubungan Bimbingan Guru Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak Gugus Bougenville1 Kecamatan Koto Tangah Padang. Jurnal Bunga Rampai Emas, 4(2), 18-23.

Mudlofir, A. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Rajawali Pers.

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT.Remaja Karya Offet.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 17-18. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/gk.5.1.16-31

Nofrita, Dahelmi, Syandri, H., & Tjong, D. H. (2013). Hubungan Tampilan Pertumbuhan Dengan Karakteristik Habitat Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis Blekeer). Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 179-183.

Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247-1255. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.591

Oktavianti. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional: Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti.

Pasaribu, F. R. (2019). Manajemen Istano Basa Pagaruyung. Jurnal Pariwisata, 6(1), 71-79. https://doi.org/10.31311/par.v6i1.5089

Patriono, E., Junaidi, E., & Sastra, F. (2010). Fekunditas Ikan Bilih (Mystacoleucus Padangensis Blkr.) di Muara Sungai Sekitar Danau Singkarak. Jurnal Penelitian Sains, 13(3).

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Pemerintah RI. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD

Rakimahwati, R., & Roza, D. (2020). Developing of Interactive Game Based on Role Play Game to Improve the Reading Abilities. Journal of Nonformal Education, 6(2), 193-201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jne.v6i2.25574

Ramadika, D. C., Melay, R., & Tugiman, T. (2018). Rumah Gadang Dan Nilai -Nilai Kearifan Lokal Dalam Kebudayaan Minangkabau di Tanah Datar. Jurnal Online Mahaanak (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Ridwan, R., & Sunarto, S. (2009). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Robert, G. (1985). The Conditionng Of Learning, New York, Hot Rinehart and Winston.

Rokhima, R., Khotijah, S., & Sumartiningsih, I. (2019). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar. Junal Pendidikan Matematika, 2(1), 48-57. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.194

Romadhona, R. H. F. (2017). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran "Salut" Pada Subtema Transportasi Untuk Anak Kelompok-B Tk Marsudi Siwi Sawit. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(6).

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277-283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Rumiati, N. K. (2018). Model Pembelajaran Tematik Dengan Belajar Bahasa Indonesia Anak Kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 Di Sd Negeri 22 Dangin Puri. Adi Widya:Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.882

Rusman. (2015). Curriculum Implementation at Elementary Schools: A Study on "Best Practices" Done by Elementary School Teachers in Planning, Implementing, and Evaluating the Curriculum. Journal of Education and Practice, 6(21), 106-112. http://search.proquest.com/docview/1773225459?accountid=8330

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192-209.

Saputra, I. (2011). Silek Kumango: Keberadaan, Pewarisan, Dan Kearifan Lokal Minangkabau. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.25077/we.v2.i1.20

Sari, D. H. (2011). Biografi Siti Manggopoh sebagai Sumber Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dalam Pembelajaran Sejarah. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 10(1), 1-16. https://doi.org/10.24014/marwah.v10i1.482

Sentausa, T. C., Kadaryati, & Setyorini, N. (2018). Analisis Kearifan Lokal Novel Kalamata Karya Ni Made Purnama Sari dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMK. Jurnal Surya Bahtera, 6(53), 525-533.

Siswadi, S., Taruna, T., & Purnaweni, H. (2011). Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Mata Air. Jurnal Ilmu Lingkungan, 9(2), 63-68. https://doi.org/10.14710/jil.9.2.63-68

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100-106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.

Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta:Prena Media Group.

Suryana, D. (2017a). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67-82. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.05

Suryana, D. (2017b). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak. JPUD:Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67-82. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.05

Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga. Jakarta:Prenadamedia Group.

Susilana. (2017). Media Pembelajaran. CV Wahana Prima.

Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385-394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345

Syandri, H., Azrita, & Aryani, N. (2013). Distribusi Ukuran,Reproduksi dan Habitat Pemijahan Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis Blkr) di Danau Singkarak. Jurnal Bawal, 5(1), 1-8.

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam". Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1-11.
https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365

Utami, T. (2017). Penanaman Kompetensi Inti Melalui Pendekatan Saintifik di PAUD Terpadu An-Nuur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 91-100.

Wahyuni, S., Tanjung, H. B., & Arif, E. (2019). Hubungan Karakteristik Inovasi dan Kearifan Lokal Terhadap Keberlanjutan Penerapan Teknologi Padi Salibu di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jurnal Penyuluhan, 15(1), 134-143. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v15i1.21237

Warsa, A. (2020). Penetapan Ukuran Mata Jaring Langli untuk Penangkapan Bilih (Mystacoleucus Padangensis) di Danau Singkarak. JFMR-Journal of Fisheries and Marine Research, 4(1), 178-186. https://doi.org/10.21776/ub.jfmr.2020.004.01.25

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82-90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Yaswinda, Y., Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi untuk Meningkatkan Kognitif Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 100-109.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pramedia Group. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.10

Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 96-105. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11309/12956

Zola, K. P., & Adikampana, I. M. (2018). Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pelestarian Istano Basa Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Sebagai Daya Tarik Wisata. Jurnal Destinasi Pariwisata, 6(1), 7-13. https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2018.v06.i01.p02


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.