Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini

Author


Huda Mardhotillah(1Mail), Rakimahwati Rakimahwati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 460KB]

Published : 2021-07-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1284 times PDF Downloaded: 981 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah terlihat banyak anak pasif, dan guru menyampaikan materi pembelajaran dengan memberikan tulisan-tulisan di papan tulis tanpa adanya pembuktian dengan benda-benda yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Peneliti perlu memecahkan masalah ini melalui penelitian R & D (Research and Development) dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Hasil Validasi pengembangan game interaktif dapat disimpulkan bahwa game interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Game interaktif cocok digunakan sebagai salah satu metode pengembangan aspek perkembangan bahasa pada anak usia dini

Keywords


game interaktif; kemampuan membaca; anak usia dini

References


Afriyanti, D., Ringan, T., & Edukasi, M. G. (2019). Media Game Edukasi Untuk Anak Tunagrahita Di Slb Perwari Padang. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(1), 154-161.

Clark, A. (2013). Whatever next? Predictive brains, situated agents, and the future of cognitive science. Behavioral and Brain Sciences, 36(3), 181-204. https://doi.org/10.1017/S0140525X12000477

Delfia, E. & N. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Merancang Pembelajaran. Αγαη, 8(5), 55.

Dhingra, R., Sharma, N., & Kour, M. (2009). Relationship between Parental Perception and Young Childrens' Usage of Computers. Journal of Human Ecology, 28(3), 167-170. https://doi.org/10.1080/09709274.2009.11906234

Huliyah, M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 149-164. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/201

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih bahasa: Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih). In Erlangga. Erlangga.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62-69.
https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 129. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Masood, Z., & Hoda, R. (2014). Math tutor: An interactive android-based numeracy application for primary education. Conferences in Research and Practice in Information Technology Series, 150, 3-10. https://ieeexplore.ieee.org/document/9201058/

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Penilian PAUD Nomor 137 tahun 2014. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 65(879), 2004-2006.

Prasetyo, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1-11.
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292

Saefi, M., Lukiati, B., & Suarsini, E. (2017). Developing Android-Based Mobile Learning On Cell Structure And Functions Lesson Subject Topic To Optimize Grade XI Students' Cognitive Comprehension. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 57-63.

Sarama, J., & Clements, D. H. (2002). Building Blocks for Young Children's Mathematical Development. Journal of Educational Computing Research, 27(1), 93-110. https://doi.org/10.2190/F85E-QQXB-UAX4-BMBJ

Setiantono, T. (2012). Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 18-23. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13-22.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.