Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik

Ayu Citra Dewi(1), Hapidin Hapidin(2), Zarina Akbar(3),
(1) Program Studi PAUD Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Program Studi PAUD Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Program Studi PAUD Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Ayu Citra Dewi, Hapidin Hapidin, Zarina Akbar

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Full Text:    Language : id
Submitted : 2018-12-21
Published : 2019-01-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman sains fisika pada kelompok  B usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini terdiri dari 56 anak. Pengumpulan sampel menggunakan teknik stratified multistage cluster random sampling. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Untuk menguji normalitas data menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji barlett. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pemahaman sains fisika anak yang diajar dengan model pembelajaran quantum lebih tinggi  daripada model pembelajaran contextual teaching and learning. 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman sains fisika. 3) Pemahaman sains fisika anak yang diajar dengan model pembelajaran quantum lebih tinggi daripada model pembelajaran contextual teaching and learning pada anak yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. 4) Pemahaman sains fisika anak yang diajar dengan model pembelajaran quantum lebih rendah daripada model pembelajaran contextual teaching and learning pada anak yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.


Keywords


model pembelajaran; berpikir kritis; pemahaman sains fisika

References


Bahaddin, M., & Yusuf. (2014). An investigation the effect of quantum learning approach on primary school 7th grade students ’ science achievement , retention and attitude. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education, 5(2), 11–23.

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30.https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39

DeporteR, Bobbi, M. R. & S. S. N. (2010). Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Deporter, B. A. M. H. (2009). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. (Alwiyah Abdurrahman, Ed.). Bandung: Kaifa.

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a

Guo, Y., Piasta, S. B., & Bowles, R. P. (2015). Exploring Preschool Children’s Science Content Knowledge. Early Education and Development, 26(1), 125–146. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.968240

Hilda L Jackman, Nancy H. Beaver, S. S. W. (2015). Early Education Curriculum : A Child’s Connection to The World (Sixth).

Johnson, E. B. P. . (2010). Contextual Teaching Ang Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. (I. Setiawan, Ed.). California: Ka.

Kato, T., & Meeteren, B. D. Van. (2008). Physical Science in Constructivist Early Childhood Classrooms. Childhood Education, 84(4), 234. https://doi.org/10.1080/00094056.2008.10523015

Ketut Susiani, Nyoman Dantes, I. N. (2013). Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning Program Studi Pendidikan Dasar , Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , Indonesia e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3).

National Committee on Science Education Standards and Assessment, N. R. council. (1996). National Science Education Standards National. Potentials. Washington,Dc: N Ational Academy Press.https://doi.org/10.1016/j.jmgm.2005.11.005

Olcer, S. (2017). Science Content Knowledge of 5-6 Year Old Preschool Children. International Journal of Environmental and Science Education, 12(2), 143–175. Retrieved from http://ezproxy.lib.uconn.edu/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1137395&site=ehost-live

Rosalind Charlesworth Weber State University, E., & Lind, K. K. (2010). Math and science for young children. (C. S. Development, Ed.) (SIXTH EDIT). America.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak,11h Edition. Jakarta: erlangga.

Swerdlik, C. (2009). Psychology: Psychological Testing And Assessment: An Introducation To Test And Measurement 7th Edition. United State Of America: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Yayuk, S. E. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.


Article Metrics

 Abstract Views : 301 times
 PDF Full Text Downloaded : 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.