Peran Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 4-5 di Masa New Normal


Zulfa Nailli Munna(1Mail), Arwendis Wijayanti(2), Octavian Dwi Tanto(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 zulfa nailli munna, arwendis wijayanti, octavian dwi tanto
Article Analytic
  [File Size: 294KB]  Language: id
Received : 2021-05-06  |  Published : 2021-06-01
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 81 times  PDF Downloaded: 26 times

Abstract


Peran pola komunikasi orang tua dalam perkembangan anak sangat dibutuhkan, terlebih di masa new normal ini intesitas kebersamaan anak dengan orang tua menjadi lebih sering. Penelitian ini untuk mengidentifikasikan temuan peran pola komunikasi orang tua terhadap perkembangan emosi anak usia 4-5 tahun di TK Darmawanita Macanan 2, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Dengan mengamati anak 4-5 tahun yang merespon positif pembelajaran daring, metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, Miles and Huberman adalah teknik analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan dalam melakukan komunikasi bentuk pola komunikasi yang diterapkan orang tua adalah terbuka, kompromi dan support positif. Bentuk ini muncul karena adanya proses pola komunikasi seperti mengajak bermain anak, memberikan telling story, dan ice breaking yang menarik kepada anak. Adapun kesabaran orang tua, kreativitas orang tua, dan ketersediaan APE merupakan faktor yang mempengaruhi pola komunikasi orang tua yang baik dengan anak sehingga perkembangan emosi anak dapat berkembang dengan baik

Keywords


anak usia dini; pola komunikasi orang tua; emosi; peran; new normal

References


Adrianindita, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Kb Siti Sulaechah 04 Semarang. Early Childhood Education Papers (Belia), 4(2), 32-37.

Anwar Efendi. (2006). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak melalui Kebiasaan Bercerita (Dongeng). Jurnal Alternatif Pemikiran Kependidikan INSANIA, 11(3). https://doi.org/10.24090/insania.v11i3.201

Astuti, T. (2019). Hubungan pola komunikasi orangtua terhadap perkembangan berbicara anak di taman kanak-kanak. 3(November 2018), 88-95. https://doi.org/10.29210/3003254000

Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 150. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1816

I Gusti Ayu Padmi, Nyoman Dantes, I. M. S. (2014). Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Dan Sosial Emosional Anak. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(11), 1-12.

Kurniawan, E., Artita, F. A., & Asri, D. N. (2017). Kajian Problematika Pola Komunikasi Dan Perkembangan Emosi Remaja Pada Keluarga Un-. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 126-133.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133-147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013

Naimah, K. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Makan Bersama di Sekolah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(1), 63-85.

Noor baiti. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 42-50. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4959

Novela, T. (2019). Dampak Peran Ayah Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16-29. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3200

Novi Ade Suryani. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada Paud Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2). https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Rahmah, S. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak St. Rahmah UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 13-31.
https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2369

Rahmawati, G. M. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Kajian Ilmu-Ilmu Komunikasi Dan Bimbingan Islam, 11(2), 163-181.

Rosyadi Leni Dwi Anggun. (2019). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Anak Pada Kelompok B Di Tk Nurul Huda Krakahan, Tanjung, Brebes Tahun Ajaran 2018/2019.

Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Syukur, M., & Hamdani. (2017). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(November), 1-7.
https://doi.org/10.34010/common.v2i2.1191

Tanto, Octavian Dwi, A. H. S. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi, 4(2), 587-586. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Tanto, O. D. (2021). Pembentukan Kelekatan Aman Orangtua Pada Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring. Journal of Childhood Education, 5(1), 130-146. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.503

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019a). Keterampilan Sosial Pengrajin Tatah Sungging Cilik Kepuhsari. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 83. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2405
https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2405

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019b). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.