Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring

Author


Mira Agustina(1Mail), Elisa Novie Azizah(2), Dita Primashanti Koesmadi(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 423KB]

Published : 2021-05-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1642 times PDF Downloaded: 695 times

Abstract


Proses pembelajaran pada jenjang pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19 telah beradaptasi menjadi model pembelajaran daring. Model pembelajaran daring dipilih karena dianggap lebih efektif untuk diterapkan pada masa pandemi ini. Namun demikian, penerapan model pembelajaran daring menemui beberapa permasalahan salah satunya yaitu motivasi belajar anak yang menurun. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward animasi terhadap motivasi belajar anak usia dini selama pembelajaran daring, khususnya anak berusia 4 hingga 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design jenis One-Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Participant Observation. Penelitian diawali  dengan melakukan tes awal, kemudian diberikan treatment. setelah diberikan treatment kemudian diakhiri dengan memberikan tes akhir (post test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar anak pada hasil pengukuran post test. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian reward animasi dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini selama pembelajaran daring.

Keywords


anak usia dini; motivasi; reward animasi; pembelajaran daring

References


Astari, T., Nur Aisyah, S., & Andika Sari, D. (2020). Tanggapan Guru Paud Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141-155. https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.90

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Danar, S. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Antara Teori Dan Praktik. PT. Indeks.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan.

Febrianti, S., Musadieq, M. Al, & Prasetya, A. (2014). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja. Jurnal Administrasi Bisnis.

Hapsari, R. P. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-a di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya Study Councering the Implemetation of Reward in Increasing Motivation for Learning Group-a in Al-Azhar 35 Islamic Kindergarten 35 Su. Jurnal BK Unesa, 04(01), 274-284. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/6591/7343

Julaikhah, S., & Ismawati, P. (2018). Efektifitas Pemberian Reward melalui Metode Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini pada Kelompok A di RA Al-Akbar Sukoanyar Kabupaten Mojokerto. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 27-32.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. ببب, 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2020).

Melinda, I., Susanto, R., Kunci, K., & Reawrd, : (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81-86. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408

Mukhlis, A. (2018). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MINU Buaran Kota Pekalongan. Jurnal Ekonomi Islam, Marketing Mix.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Nurul Fadlilah, A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Puspitasari, R. (2015). Pengaruh Pemberian Hadiah (Reward) Terhadap Kemandirian Belajar Anak Di Tk Tunas Muda Karas. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2), 53-55. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7503

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi.

Sholehah, K. M. (2020). Urgensi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Memotivasi Belajar Anak Usia Dini. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 21, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( Nht ) Materi Ajar Perbandingan Dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa.

Takdir Hapin. (2017). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makasar.

Vinayastri, A., Masykuroh, K., Fitriani, E., & Anugerahwaty, R. (2019). Analisis Pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Pemberian Reward Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jpp Paud Fkip Untirta, 6(1), 11-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.