Analisis Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi

Author


Upik Wulan Handayani(1Mail), Ruli Hafidah(2), Novita Eka Nurjanah(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2021-10-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 705 times PDF Downloaded: 408 times

Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan kebijakan di berbagai sektor di Indonesia, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pendidikan di Indonesia mengubah kebijakan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini menganalisis kecerdasan emosi anak usia 5-6 tahun pada saat pembelajaran daring selama pandemi. Kecerdasan emosional anak mengalami perubahan selama pandemi covid-19. PeneIitian ini merupakan peneIitian kuantitatif dengan metode survei. Sumber data daIam peneIitian ini adaIah orang tua dan anak yang berjumlah 71 anak. Teknik pengumpuIan data diIakukan meIaIui penyebaran angket secara onIine meIaIui google form. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pembeIajaran daIam jaringan seIama pandemi dengan kecerdasan emosionaI anak usia 5-6 tahun. Hubungan tersebut dapat dibuktikan dengan perubahan emosionaI anak seIama pembeIajaran daIam jaringan diIaksanakan. Anak menjadi kurang dapat mengontrol emosi, kurang memiliki motivasi dalam belajar serta kurangnya sosialisasi dengan orang lain


Keywords


covid-19; pembelajaran daiam jaringan; kecerdasan emosional

References


Aguilera-hermida, A. P. (2020). International Journal of Educational Research Open College students ' use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1(July), 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011

Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies, 10(3), 16. https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p16

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Bowers, J., & Kumar, P. (2016). Students' perceptions of teaching and social presence: A comparative analysis of face-to-face and online learning environments. In Blended Learning: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (Vol. 4, Issue 1, pp. 1533-1550). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-0783-3.ch073

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., & Dong, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287(March), 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Children and Youth Services Review Young children ' s online learning during COVID-19 pandemic : Chinese parents ' beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(August), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

FIP Undiksha. (2021). Anak-Anak Bosan Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19, Simak Tipsnya Dari Psikolog Undiksha. FIP Undiksha. http://fip.undiksha.ac.id/anak-anak-bosan-belajar-daring-saat-pandemi-covid-19-simak-tipsnya-dari-psikolog-undiksha/

Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional: mengapa EI lebih penting dari IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hwang, G., Wang, S., & Lai, C. (2021). Computers & Education Effects of a social regulation-based online learning framework on students ' learning achievements and behaviors in mathematics. Computers & Education, 160(August 2020), 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Mayer, J. D., Salovey, P., & Caruso, D. R. (2000). Models of emotional intelligence. RJ Sternberg.
https://doi.org/10.1017/CBO9780511807947.019

Mishar, R., & Bangun, Y. R. (2014). Create the EQ Modelling Instrument Based on Goleman and Bar-On Models and Psychological Defense Mechanisms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115(Iicies 2013), 394-406. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.446

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Patricia Aguilera-Hermida, A. (2020). College students' use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.