Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif

Author


Sri Tatminingsih(1Mail),
Program Studi PGPAUD Universitas Terbuka, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 391KB]

Published : 2019-02-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 6865 times PDF Full Text Downloaded: 4488 times

Abstract


Model pembelajaran berbasis permainan yang komprehensif dikembangkan dengan menggabungkan permainan yang konstruktif, edukatif dan tradisional. Implementasi model ini terintegrasi dalam strategi pembelajaran terpadu dan dirancang sedemikian rupa agar dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak (TK). Alat permainan yang digunakan dikembangkan dengan konsep-konsep yang terkandung dalam kemampuan kognitif, seperti: warna, bentuk, angka, huruf, urutan dan klasifikasi. Strategi implementasi disusun secara terstruktur sesuai dengan konsepnya. Uji coba penerapan dilakukan secara formatif dalam kelompok kecil dan kelompok besar yang dilakukan pada bulan Juli- September 2015 di TK Fithria di Jakarta Selatan, Indonesia. Subjek dalam ujicoba kelompok kecil adalah guru dan anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak-anak TK kelompok B setelah penerapan pembelajaran berbasis permainan yang komprehensif. Model ini merupakan alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam model sentra maupun kelompok dan klasikal. Meskipun dapat membantu menstimulasi kemampuan anak, peran guru sebagai fasilitator pembelajaran tidak dapat digantikan dengan media apapun.


Keywords


Alternatif Simulasi; Kemampuan Kognitif Anak, Permainan Komprehensif, Taman Kanak-Kanak

References


Diane T Dodge and Laura J Colker . (2001). The Creative curriculum for Early Chilhood. Washington: Teaching Strategies. Inc.

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Vol 1 No 2 . Riau : Universitas Tuanku Tambusai.

Danandjaya. (1987). Folkfore Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Fatimah, A. (2014). Improving Logical Mathematical Intelligence Through Block Play. Prociding The Pasific Early Childhood Education Research Association: Living Harmony Throuhg Early Childhood Education and Care. 15th Annual Conference. August 8-10th . Bali: ECERA.

Hurlock, E. (1997). Child Development 6th Ed. Tokyo: Mc.Graw Hill Inc. International Student Ed.

Maxim, G. (1993). The Young Children: Guiding Children From Infancy Through The Early Years. New York: Mc. Millan Publishing Co. .

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Bangkinang. Jurnal Obsesi Vol 1 No 1. Riau: Universitas Tuanku Tambusai.

Nurani, Y. (2015). Metode Pengembangan Kognitif. . Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahmah, E. D. (2013). Peningkatan Kreativitas melalui Pendekatan Inquiry dalam Pembelajaran Sains: Penelitian Tindakan di TK Bintang Kecil Kelompok B Tahun 2013). Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 7 No. 2. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sari, R. P. (2013). Kegiatan Bermain Matematika (Studi Kasus Kelompok A di TK RA Kartini Aisiyah 21, Kota MalangTahun 2013), Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7 No 2 November. . Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Suparman, A. (2014). Desain Instruksional Modern. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Tedjasaputra. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. . Jakarta: Grasindo.

Walter R Borg and Gall, M Darmien. (2007 ). Educational Research. An Introduction. New York:: Pitman PublishingInc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.