Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao

Authors

  • Dadan Suryana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Farida Mayar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang,
  • Rustika Eka Sari Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296

Keywords:

Sumbang Kurenah, Karakter Anak

Abstract

Pendidikan berbasiskan budaya lokal terhadap prilaku positif nilai sumbang duo baleh berfungsi membentuk karakter budaya peserta didik melalui metoda bermain sambil belajar dan pembiasaan.. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan metode sumbang kurenah terhadap perkembangan karakter anak usia dini di Kabupaten Rao Kecamatan Pasaman. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kombinasi (Mixed Method) melalui pendekatan explanatory design. Subjek/Informan dalam penelitian ini yaitu guru dan orangtua di Taman Kanak-kanak di Kabupaten Rao Kecamatan Pasaman.Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian kuantitatif yaitu cross sectional design sedangkan untuk penelitian kualitatif yaitu menggunakan alur dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data kuantitatif yaitu menggunakan angket sedangkan untuk kuaalitatif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaReaksi anak saat dikenalkan metode sumbang kurenah yaitu anak-anak terlihat bersemangat. Metode sumbang kurenahberpengaruh secara langsung terhadap perkembangan karakter anak dengan tingkat capaian sebesar 48,5%. Metode sumbang kurenah dapat mengembangkan karakter anak melalui bermain beran seperti sosiodrama, bercerita tentang penanaman nilai moral maupun metode tanya jawab tentang adat istiadat budaya Minangkabau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594-1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Hakimy, I. (2004). Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, dan Pidato Alua Pasambahan Adat di Minangkabau (Cetakan Keenam ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim. (2014). Tambo Alam Minangkabau. Bukittinggi: Kristal Multimedia.

Iskandar, S. P., Mardianto, & Putra, Y. Y. (2014). Konsep Sumbang Duo Baleh dalam Tinjauan Psikologi. Urnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 5(2), 180-191. https://doi.org/10.24036/rapun.v5i2.6632

Islami, N. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Petuah Sumbang Duo Baleh Bagi Mahasiswi Asal Minangkabau di Kota Purwokerto Tahun 2016. International Conference of Moslem Society, 1(1), 44-59. https://doi.org/10.24090/icms.2016.1828

Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30-38. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.

Michael E, M., & Novak, J. (2010). Game Industry Career Guide. Delmar: Cengage Learning. component

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muslim, K. L. (2017). Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Dan Kearifan Lokal. Fuaduna, 1(1), 48-57.

Nurhidayati, & Iftayani, I. (2017). Seminar Parenting: Karakteristik dan Multiple Intelegensi Pada Anak Usia Dini Bagi Warga Desa Sucen Juru Tengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Surya Abdimas, 1(1), 49-53.

Oktariana, R. (2019). Pengaruh Permainan Bakiak dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak TK Khairani Aceh Besar. Jurnal Visipena, 10(1), 78-93. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.492

Putri, T. U., Israwati, & Hijriati. (2019). Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Main Peran di PAUD Nurul Iman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(4), 11-15.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Ratmil, M. (2020). Sumbang Duo Baleh Muatan Lokal Minangkabau. Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kabarita: Padang.

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277-283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741-754.

Saunders, N. R. H. M. ., & Dziegielewska, K. . (2011). Barrier mechanism in the brain. Clin Exp Pharmacol Physiol, 26(1), 11-19. https://doi.org/10.1046/j.1440-1681.1999.02986.x

Sayuti, M. (2020). " Alam Takambang Jadikan Guru " ( AJTG ) Learning Model of Budaya Alam Minangkabau (BAM). Atlantis Press, 485(Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020) "Alam), 261-267.
https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.044

Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet Yusuf.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100-106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.

Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345

Syamsuarni, & Eliza, D. (2020). The Development of Kato Nan Ampek Picture Storybook Models Through Literacy of Minangkabau Culture to Develop the Character During Early Childhood. Atlantis Press, 449(Icece 2019), 31-35. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.007

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337-345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Trisa, Y., Suprijono, A., & Jacky, M. (2019). Implementation of Local Wisdom of Minang Culture (Studies Of The Minang Diaspora in Surabaya). The Indonesian Journal of Social Studies, 2(1), 27-36. https://doi.org/10.26740/ijss.v2n1.p27-36

Yulianti, Y., SM, A. A., & Lestari, F. (2020). Undang-Undang Sumatera Barat (Minangkabau) Tahun 1837-1862. Historia Madania, 4(1), 31-60. https://doi.org/10.15575/hm.v4i1.9185

Zr, Z., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567-1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896

Downloads

Published

24-05-2021

How to Cite

Suryana, D., Mayar, F., & Sari, R. E. (2021). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296

Issue

Section

Articles