- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296Keywords:
Sumbang Kurenah, Karakter AnakAbstract
Pendidikan berbasiskan budaya lokal terhadap prilaku positif nilai sumbang duo baleh berfungsi membentuk karakter budaya peserta didik melalui metoda bermain sambil belajar dan pembiasaan.. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan metode sumbang kurenah terhadap perkembangan karakter anak usia dini di Kabupaten Rao Kecamatan Pasaman. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kombinasi (Mixed Method) melalui pendekatan explanatory design. Subjek/Informan dalam penelitian ini yaitu guru dan orangtua di Taman Kanak-kanak di Kabupaten Rao Kecamatan Pasaman.Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian kuantitatif yaitu cross sectional design sedangkan untuk penelitian kualitatif yaitu menggunakan alur dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data kuantitatif yaitu menggunakan angket sedangkan untuk kuaalitatif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaReaksi anak saat dikenalkan metode sumbang kurenah yaitu anak-anak terlihat bersemangat. Metode sumbang kurenahberpengaruh secara langsung terhadap perkembangan karakter anak dengan tingkat capaian sebesar 48,5%. Metode sumbang kurenah dapat mengembangkan karakter anak melalui bermain beran seperti sosiodrama, bercerita tentang penanaman nilai moral maupun metode tanya jawab tentang adat istiadat budaya Minangkabau.Downloads
References
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594-1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Hakimy, I. (2004). Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, dan Pidato Alua Pasambahan Adat di Minangkabau (Cetakan Keenam ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim. (2014). Tambo Alam Minangkabau. Bukittinggi: Kristal Multimedia.
Iskandar, S. P., Mardianto, & Putra, Y. Y. (2014). Konsep Sumbang Duo Baleh dalam Tinjauan Psikologi. Urnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 5(2), 180-191. https://doi.org/10.24036/rapun.v5i2.6632
Islami, N. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Petuah Sumbang Duo Baleh Bagi Mahasiswi Asal Minangkabau di Kota Purwokerto Tahun 2016. International Conference of Moslem Society, 1(1), 44-59. https://doi.org/10.24090/icms.2016.1828
Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30-38. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132
Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.
Michael E, M., & Novak, J. (2010). Game Industry Career Guide. Delmar: Cengage Learning. component
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Muslim, K. L. (2017). Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Dan Kearifan Lokal. Fuaduna, 1(1), 48-57.
Nurhidayati, & Iftayani, I. (2017). Seminar Parenting: Karakteristik dan Multiple Intelegensi Pada Anak Usia Dini Bagi Warga Desa Sucen Juru Tengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Surya Abdimas, 1(1), 49-53.
Oktariana, R. (2019). Pengaruh Permainan Bakiak dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak TK Khairani Aceh Besar. Jurnal Visipena, 10(1), 78-93. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.492
Putri, T. U., Israwati, & Hijriati. (2019). Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Main Peran di PAUD Nurul Iman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(4), 11-15.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Ratmil, M. (2020). Sumbang Duo Baleh Muatan Lokal Minangkabau. Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kabarita: Padang.
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277-283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741-754.
Saunders, N. R. H. M. ., & Dziegielewska, K. . (2011). Barrier mechanism in the brain. Clin Exp Pharmacol Physiol, 26(1), 11-19. https://doi.org/10.1046/j.1440-1681.1999.02986.x
Sayuti, M. (2020). " Alam Takambang Jadikan Guru " ( AJTG ) Learning Model of Budaya Alam Minangkabau (BAM). Atlantis Press, 485(Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020) "Alam), 261-267.
https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.044
Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet Yusuf.
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.
Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100-106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.
Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345
Syamsuarni, & Eliza, D. (2020). The Development of Kato Nan Ampek Picture Storybook Models Through Literacy of Minangkabau Culture to Develop the Character During Early Childhood. Atlantis Press, 449(Icece 2019), 31-35. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.007
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337-345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Trisa, Y., Suprijono, A., & Jacky, M. (2019). Implementation of Local Wisdom of Minang Culture (Studies Of The Minang Diaspora in Surabaya). The Indonesian Journal of Social Studies, 2(1), 27-36. https://doi.org/10.26740/ijss.v2n1.p27-36
Yulianti, Y., SM, A. A., & Lestari, F. (2020). Undang-Undang Sumatera Barat (Minangkabau) Tahun 1837-1862. Historia Madania, 4(1), 31-60. https://doi.org/10.15575/hm.v4i1.9185
Zr, Z., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567-1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896