Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 tahun

Author


Hendrizal Hendrizal(1), Vivi Puspita(2Mail), Riwayati Zein(3),
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 338KB]  Language: id
Available online: 2021-06-22  |  Published : 2021-06-22
Copyright (c) 2021 vivi puspita
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 159 times PDF Downloaded: 63 times

Abstract


Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Hasil belajar di sekolah dasar khususnya pengetahuan masih rendah. Penelitian ini mengukur pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar pengetahuan siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan   dalam bentuk quasy eksperimental design.  Desain quasy eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Satu kelas menggunakan model pembelajaran saintific dan kelas percobaan menggunakan discovery learning. Subjek penelitian adalah keseluruhan siswa kelas II SD N 26 Jati Utara Kota Padang. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan tes.  Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh data sebagai berikut.  Terdapat perbedan hasil belajar antara siswa siswa yang menggunakan model discovery learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintific. Dengan demikian model discovery learning dapat digunakan pada pembelajaran tematik guna meningkatkan hasil belajar pengetahuan siswa.


Keywords


hasil belajar; discovery learning; tematik terpadu

References


Abdullah, A. (2018). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 45-62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Armadi, A. (2017). Pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu di SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 55-67.

Fitria, Y. (2018). Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 52. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102705

Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelaran Discovery Learning Pada Tema Indahnya Keberagamandi Negeriku. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 1-9. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.353

Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073-082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465

M, I., Rukli, R., & Baharullah, B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning berbasis GRANDER di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127-139. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.147

Mardi, I. (2015). Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas Iv Sd. Jurnal Pelangi, 8(1). https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.387

Marsali, A. (2016). Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1, 1-17. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i1.3974

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 273-284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6(2), 145-157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48-55.

Ulni, E. K., & Suparno, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sorting Predict-think Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 303. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.576

Widodo, W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32-35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.