Perencanaan Pembelajaran Nilai Multikultural Anak Usia Dini

Author


Kasmiati Kasmiati(1Mail),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palu, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 260KB]

Published : 2021-06-04

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 771 times PDF Downloaded: 1269 times

Abstract


PAUD Karuna Dipa Palu merupakan satuan pendidikan anak usia dini yang mengintegrasikan nilai multikultural dalam kegiatan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran di PAUD Karuna Dipa Palu didesain untuk menginternalisasikan nilai multikulturalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran nilai multukultural yang dilakukan PAUD Karuna Dipa Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, yaitu penelitian yang mengkaji fenomena perencanaan pembelajaran nilai multikultural dengan fokus mengekspos fenomena tersebut. Hasil penelitiannya adalah perencanaan pembelajaran multikultural di disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang perencanaan dan bahan pembelajaran multikulturalnya disusun dalam bentuk RPPM yang berbasis nilai multikultural dan dikembangkan melalui RPPH. RPPM dan RPPH menjadi dasar perencanaan pembelajaran yang memuat kompetensi inti dan kompetensi dasar dengan menggunakan model pembelajaran tematik terpadu. Penyusunannya dilakukan dengan menetapkan RPPH dengan mengacu pada RPPM yang berisi waktu kegiatan belajar, materi belajar, materi pembiasaan, alat, media, sumber belajar, dan kegiatan yang menginternalisasikan nilai multikultural

Keywords


perencanaan pembelajaran; nilai multukultural; anak usia dini.

References


Aeni, K., & Astuti, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 178-186. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4479

Agus Iswanto, T. T. (2007). "Integrasi PAI dan PKN: Mengupayakan PAI yang Berwawasan Multikultural," dalam Zainal Abidin EP, Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme. Badan Penelitian dan Pengembangan Agama.

Azra, A. (2007). Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, Seri Orasi Budaya. KANISIUS.

Banks, J. A. (1988). Multicultural Education: Theory and Practice. Allyn and Bacon.

Cahyono, H., & Susanti, Y. (2019). Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film animasi upin ipin episode esok hari raya, gong xi fa cai, dan deepavali. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 70. https://doi.org/10.24127/att.v3i01.977

Deiniatur, M. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Anak-Anak Melalui Model Pembelajaran Bermain Peran. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 89. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.1929

Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Golde Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35-53. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Remaja Rosdakarya.

Hermino, A. (2014). Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter: Konsep, Pendekatan, dan Aplikasi. Alfabeta.

Husaini Usman, A. al. (2000). Metode Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Jamhuri, M. (2018). Humanisme sebagai Nilai Pendekatan yang Efektif dalam Pembelajaran dan Bersikap: Persperktif Multikulturalisme di Universitas Yudharta Pasuruan. Jurnal Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, III(2), 318-322. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1138

Machmud, H., & Alim, N. (2018). Multicultural Learning Model of PAUD in Coastal Areas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.74

Maharani, A. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. 68-70. https://doi.org/10.31227/osf.io/gdcf9

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif (pen. Tjetjep Rohendi Rohidi). UI Press.

Minasari, A., Indraswati, D., Purwasito, A., & Setiawan, I. A. (2021). Perkenalan Dunia Internasional sebagai Pendidikan Multikutural pada Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Puzzle. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2124-2133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.733

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Rosdakarya.

Musi, M. A., & Parwoto, P. (2019). Pembelajaran Multikultural Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional LP2M UNM, 693-701.

Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252

Rahman Abd., E. al. (2011). Panduan Integrasi Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam pada SMA dan SMK. AGPA II.

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 1-18. https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i1.358

Sinagatullin, M. (2003). Constructing Multicultural Education in a Diverse Society. In Education. A Scarecrow Education Book.

Surakhmad, W. (1985). Pengantar Penelitian Ilmiah. Tarsito.

Suriasumantri, J. S. (1998). "Penelitian Ilmiah, Kefilsafatan dan Keagamaan: Mencari Paradigma Kebersamaan," dalam Mastuhu dan M. Deden Ridwan (Ed.), Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan Antardisiplin Ilmu. Nuansa dan Pusjarlit.

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Yaqin, A. (2005). Pendidikan Islam multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. In 1. Pilar Media.

Zaim Elmubarok. (2009). Membumukan Pendidikan nilai :Mengumpulkan yang terserak menyambung yang terputus dan menyatukan yang tercerai. Alfabeta.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai Kajian teori dan Praktik di Sekolah. Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.