Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini


Indah Setianingrum(1Mail), Nur Azizah(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Indah Setianingrum, Nur Azizah
Article Analytic
  [File Size: 295KB]  Language: id
Received : 2021-04-16  |  Published : 2021-05-18
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 65 times  PDF Downloaded: 18 times

Abstract


Teams Games Tournament (TGT) adalah tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok kecil beranggotakan 5 sampai 6 siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan ras berbeda. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini mengadaptasi pendekatan Reseach and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE, yang mencakup tahap analyze, design dan Develop. Penelitian menggunakan 3 tahap karena kondisi pandemi Covid-19, menjadikan sulitnya mendapatkan izin penelitian di lembaga untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Penilaian ahli materi menunjukkan koefisien 84,37% yang memiliki arti sangat layak. Selain itu, penilaian ahli media menunjukkan koefisien 87,17% yang memiliki arti sangat layak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa produk penelitian berupa model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk anak usia 4-5 tahun memiliki keberterimaan berdasarkan penilaian ahli materi dan media. Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk mengidentifikasi secara empiris keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk anak usia 4-5 tahun.

Keywords


model pembelajaran kooperatif; tipe teams games tournament; kemampuan mengenal lambang bilangan

References


Ak├žay, N. O. (2016). Implementation of Cooperative Learning Model in Preschool. Journal of Education and Learning, 5(3), 83-93. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p83

Al Mubarok, A. A. S., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77-89.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Astuti, A. (2015). Pengaruh Pendekatan Problem Posing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (Edisi ketujuh). Jakarta: Kencana.

Black, M. M., Walker, S. P., Fernald, L. C., Andersen, C. T., DiGirolamo, A. M., Lu, C., McCoy, D. C., Fink, G., Shawar, Y. R., & Shiffman, J. (2017). Early childhood development coming of age: Science through the life course. The Lancet, 389(10064), 77-90. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31389-7

Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., & Fernald, L. C. (2017). Nurturing care: Promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91-102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31390-3

Carpenter, H. (2012). Secret gardens: A study of the golden age of children's literature. Faber & Faber.

Cheung, R. H. P. (2012a). Teaching for creativity: Examining the beliefs of early childhood teachers and their influence on teaching practices. Australasian journal of early childhood, 37(3), 43-52. https://doi.org/10.1177/183693911203700307

Cheung, R. H. P. (2012b). Teaching for creativity: Examining the beliefs of early childhood teachers and their influence on teaching practices. Australasian journal of early childhood, 37(3), 43-52. https://doi.org/10.1177/183693911203700307

Dewi, A. K., Pudjawan, K., & Sudatha, I. G. W. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif teams games tournament berbantuan media kotak pos geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Gillies, R. M. (2014). Cooperative learning: Developments in research. International Journal of Educational Psychology, 3(2), 125-140.

Hasibuan, M. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 62-70. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6736

Kogan, N. (2013). Cognitive styles in infancy and early childhood (Psychology Revivals). Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9780203795811

Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas VIII MTs N 1 Semarang. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2).
https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: Teori dan aplikasi. Jakarta: Prenada Media group.

Lazarus, J. H., Bestwick, J. P., Channon, S., Paradice, R., Maina, A., Rees, R., Chiusano, E., John, R., Guaraldo, V., & George, L. M. (2012). Antenatal thyroid screening and childhood cognitive function. New England Journal of Medicine, 366(6), 493-501.
https://doi.org/10.1056/NEJMoa1106104

Navarro-Pablo, M., & Gallardo-Saborido, E. J. (2015). Teaching to training teachers through cooperative learning. Procedia-Social and behavioral sciences, 180, 401-406. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.136

Novitasari, L., Mintarti, S. U., & Soesilo, Y. H. (2019). Combining Teams Games Tournament (TGT) and Mind Mapping to Improve Students' Activity and Learning Achievement. Classroom Action Research Journal (CARJO), 3(1), 16-23.

Olusanya, B. O., Sirimanna, T., & McPherson, B. (2017). Timely sensory stimulation and early childhood development. The Lancet, 390(10113), 2626. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(17)32410-8

Penn, H. (2014). Understanding early childhood. McGraw-Hill Education (UK).

Prasetiawan, H., & Supriyanto, A. (2016). Guidance and counseling comprehensif program in early childhood education based on developmental task. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(3), 95-103.

Saloko, A., Sari, D. Y., & Novrizar, J. (2019). Karakteristik kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang memuat aspek pengembangan moral, sosial dan emosional anak. INCLUSIVE: Journal of Special Education, 4(1).

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik) (N. Yusron, Penerj.). Bandung: Nusa Media.

Sriningsih, N. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Suciyati, S., & Masrita, M. (2020). Kemampuan Siswa Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mengenal Bilangan. Journal of Basic Education Research, 1(1), 36-40.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 190-202.
https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Suryaningsih, A. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1063-1072. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.751

Suryaningsih, A., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194-201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.113

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering students' attitudes and achievement in probability using teams-games-tournaments. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 59-64.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152

Wyk, M. M. van. (2011). The effects of Teams-Games-Tournaments on achievement, retention, and attitudes of economics education students. Journal of Social Sciences, 26(3), 183-193.
https://doi.org/10.1080/09718923.2011.11892895

Yates, E., & Twigg, E. (2017). Developing creativity in early childhood studies students. Thinking Skills and Creativity, 23, 42-57. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.11.001

Yildirim, A. (2010). Creativity in early childhood education program. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 1561-1565. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.365

Zughoiriyah, B., Sulastri, N. M., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan teams games tournament berbantuan media kartu domino angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan, Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.