Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini

Author


Christiani Endah Poerwati(1Mail), I Made Elia Cahaya(2), Ni Made Ayu Suryaningsih(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 239KB]

Published : 2021-09-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1124 times PDF Downloaded: 639 times

Abstract


Sains penting dikenalkan pada anak usia dini dengan konsep sederhana melalui kegiatan eksperimen sederhana guna melatih kemampuan memecahkan masalah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis eksperimen sederhana terhadap kemampuan pengenalan sains anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian adalah anak usia dini di Kecamatan Kuta Utara. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan sistem random. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisa data penelitian menggunakan analisis varians (anava) satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pengenalan sains pada anak yang mengikuti model pembelajaran  problem based learning berbasis eksperimen sederhana dengan anak yang mengikuti pembelajaran Konvensional.. Kegiatan eksperimen sederhana mampu menolong anak dalam memecahkan masalah sains dengan tahapan kerja yang jelas.  Melalui hasil penelitian ini dapat diperoleh suatu desain pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pengenalan sains pada anak usia dini.


Keywords


model pembelajaran problem based learning; eksperimen sederhana; pengenalan sains

References


Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Crawford, B. A., & Capps, D. K. (2018). Teacher Cognition of Engaging Children in Scientific Practices (pp. 9-32). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_2

Diastuti, I. M., & Sulton, A. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) Method Through Marquee Model to Cultivate Literacy. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 220. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2573

Fidiyani, I. M., Nugraha, A., & Mariyana, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak. Edukid, 14(1). https://doi.org/10.17509/edukid.v14i1.17089

Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa PANDEMI Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581-595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780

Juniarti, Y. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Anak. Pelita PAUD, 1(2), 73-84. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/202/144

Permendikbud No 146, 2014. Kurikulum 13 Pendidikan Anak Usia Dini, (2014).

Marliza, R., & Eliza, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Belajar Tanaman Di Taman Kanak-Kanak Aba Air Bangis. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 59-63. https://doi.org/10.29210/3003279000

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PT. Indeks.

Muharromi, D. S., & Sa'ud, U. S. (2015). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Edutech, 15(1). https://doi.org/10.22216/JCC.2016.v2i3.1277

O'Grady, Glen, Yew, Elaine H.J., P.L, Karen. Schmidt, G. H. G. E. (2012). One-Day, One-Problem An Approach to Problem-based Learning. Singapore Heidelberg New York Dordrecht London : Springer.

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. In Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK. Kencana Prenada Media Group.

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: untuk Anak Usia 3, 4, dan 5 Tahun Masuk Sekolah. PT. Indeks.

Siagian, M. V. S. S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students' Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(2), 331-340. https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. Bandung: CV Alfabeta.

Tan, O.-S. (2003). Problem-Based Learning Innovation: Using problems to power learning in the 21st century. In Gale Cengage Learning. Gale Cengage Learning.

Ulfa, M. (2020). Problem Based Learning (PBL) Model dalam Melatih Sikap Mandiri Anak Luar Biasa. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 193. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.6702

Widiyarti, Wiwi, R. &, & Soetisna, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(1).

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448


Refbacks

  • There are currently no refbacks.