Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemik dan kemajuan teknologi yang berkembang pesat di era rovolusi 4.0 yang menuntut pendidik memiliki kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module tematik berbasis kesantunan berbahasa anak usia dini di taman kanak-kanak yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan validasi Aikenns V. Hasil uji validasi materi e-module oleh ahli materi dan oleh ahli media dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji praktikalitas e-module dinyatakan praktis. Hasil persentase efektifitas e-module dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan desain e-module tematik berbasis kesantunan berbahasa anak usia dini di taman kanak-kanak dinyatakan valid, praktis dan efektif


Keywords


e-module; tematik; kesantunan berbahasa; anak usia dini