Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini


Luluk Asmawati(1Mail),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Luluk Asmawati
Article Analytic
  [File Size: 288KB]  Language: id
Received : 2021-02-28  |  Published : 2021-03-29
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 702 times  PDF Downloaded: 294 times

Abstract


Pandemi COVID-19 menghadirkan tantangan bagi pelaksanaan pembelajaran PAUD sehingga orang tua berperan penting dalam pemanfaatan teknologi digital. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi digital terhadap peran orang tua pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel sebanyak 277 responden (Orang tua). Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Banten, Indonesia. Angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yang disusun berdasarkan skala Likert. Angket divalidasi oleh tiga ahli dengan tiga cara, yakni validitas isi, konstruk, dan empiris. Analisis data melalui penggunaan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh teknologi digital terhadap peran orang tua dalam memanfaatkan gadget secara signifikan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan petunjuk bagi orang tua dalam memanfaatkan teknologi sehingga orang tua dapat memaksimalkan perannya dengan segala perkembangan yang terjadi.


Keywords


pemanfaatan; teknologi digital; pandemi covid-19, paud.

References


Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al_Athfal, 3(1), 37-46.

Aisyah. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118-123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Aisyatinnaba, N., & Sutoyo, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(3), 52-57. https://doi.org/10.15294/ijgc.v5i4.13520

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 65-78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Arifin, Z. (2019). Pemanfaatan Media Game Monopoli Ayo Mengaji Dalam Meningkatkan Gemar Mengaji Al-Qur ' an. Jurnal Penelitian, 13(2), 197-214.

Azwar, S. (2016). Konstruksi tes kemampuan kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barovih, G., Sugara, E. P. A., & Nurussama. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150-158. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3339

Blackwell, C. K., Lauricella, A. R., & Wartella, E. (2014). Factors influencing digital technology use in early childhood education. Computers and Education, 77, 82-90. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.04.013

Brooks, M. (2009). Drawing, visualisation and young children's exploration of "big ideas." International Journal of Science Education, 31(3), 319-341. https://doi.org/10.1080/09500690802595771

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.

Davidson, C. (2011). Seeking The Green Basilisk Lizard: Acquiring Digital Literacy Practices in The Home. Journal of Early Childhood Literacy, 12(1), 24-45. https://doi.org/10.1177/1468798411416788

Ebi, S. (2017). Golden Age Parenting: Memaksimalkan Potensi Anak di Usia Emas. Psikologi Center.

Edy, A. (2015). Ayah Edy menjawab problematika orangtua ABG dan remaja. Jakarta: Noura Book Publising.

Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16-31.
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4669

Farida, Hanafiah, S. U., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget dan Implikasinya terhadap Pola Asuh Anak. Journal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701-1710. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.316

Farkhatin, N. (2018). Implementasi Software Berhitung Berbasis Android di Taman Kanak-kanak Kecamatan Jagakarsa. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 2(3), 249. https://doi.org/10.30998/string.v2i3.2432

Ferliana, J. M. (2013). Asesmen Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Krida Wacana.

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225-230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Fujiawati, F. S., Raharja, R. M., & Iman, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pendiidkan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 120-125.

Genc, Z. (2014). Parents' Perceptions about the Mobile Technology Use of Preschool Aged Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 146, 55-60. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.086

Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69-76. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5373

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Paud. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.762

Hartono, J., & Abdillah, W. (2009). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. BPFE.

Haryanto, & Friana, B. (2018). Aplikasi Permainan Edukatif Mengaji Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknik Informatika UNIS, 6(1), 8-16. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss1.36

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16-28. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636

Hoerunnisa, A., Suryani, N., & Efendi, A. (2019). The Effectiveness of the Use of E-Learning in Multimedia Classes to Improve Vocational Students' Learning Achievement and Motivation. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 123-137. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, 3(2), 109-118. https://doi.org/10.14710/anuva.2.4.377-385

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Irsa, D., Wiryasaputra, R., & Primaini, S. (2015). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( LCM ) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), 7-14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36982/jiig.v6i1.4

Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 1998, 199-208.

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik dalam Keluarga. Prenada Media.

Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Lomax, H. (2012). Contested voices? Methodological tensions in creative visual research with children. International Journal of Social Research Methodology, 15(2), 105-117. https://doi.org/10.1080/13645579.2012.649408

Luciana, C. V. (2015). Hubungan Peranan Otang Tua terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), 37-44.

Matthews, J. M., & Jahanian, S. (1999). A Pedagogical Strategy for Gradual Enhancement of Creative Performance of the Students. European Journal of Engineering Education, 24(1), 49-58. https://doi.org/10.1080/03043799908923537

McCloskey, M., Johnson, S. L., Benz, C., Thompson, D. A., Chamberlin, B., Clark, L., & Bellows, L. L. (2018). Parent Perceptions of Mobile Device Use Among Preschool-Aged Children in Rural Head Start Centers. Journal of Nutrition Education and Behavior, 50(1), 83-89.e1. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2017.03.006

Munawar, M., Fakhruddin, RC, A. R., & Prihatin, T. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Ank Usia Dini. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 1-5.

Nisa, K. F., Khoiri, N., & Wijayanto. (2020). Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android Menggunakan Unity 3D. Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 1(1), 21-27.

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Nurlina. (2019). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Era Digital. An Nisa ' Jurnal Studi Gender Dan Anak, 12(1), 549-559.
https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.453

Pradevi, A. P. (2020). Hubungan Pengawasan Orang Tua dalam Penggunaan Gadget dengan Kemampuan Empati Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 49-56. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31402

Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua Pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 35-57. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.73

Purbasari, Y. A., & Suryanto, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Digital Native. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi UMBY, 38-48.

Raghubar, K. P., & Barnes, M. A. (2016). Early Numeracy Skills In Preschool-Aged Children: A Review of Neurocognitive Findings and Implications for Assessment and Intervention. Clinical Neuropsychologist, 31(2), 329-351. https://doi.org/10.1080/13854046.2016.1259387

Reswita, R., & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 43-51. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.927

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2), 722-731. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4821

Sahriana, N. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL Smart PAUD, 2(1), 60-66. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922

Santosa, E. T. (2015). Raising Children In Digital Era. Elex Media Komputindo.

Setyawan, F. H., & Susanto, S. (2017). Penggunaan Media Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Modern, 3(1), 28-35. https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v3i1.45

Shaula, D. F., & Hasyim, N. (2017). Menanamkan Konsep Tata Krama pada Anak melalui Perancangan Game Edukasi. Jurnal Informatika Upgris, 3(1), 38-44. https://doi.org/10.26877/jiu.v3i1.1609

Shofiyah. (2013). Penerapan Pembelajaran Mewarnai Gambar dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Hidayatus Shibyan. Jurnal IT-EDU, 2(2), 1-8.

Soundy, C. S. (2012). Searching for Deeper Meaning in Children's Drawings. Childhood Education, 88(1), 45-51. https://doi.org/10.1080/00094056.2012.643718

Supriyono, L. (2020). Peran Orang Tua dalam Menyikapi Gadget dan Implikasinya terhadap Penyimpangan Perilaku Seksual Anak. PROFETIKA Jurnal Studi Islam, 21(2), 159-166.
https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.64

Syofia, S. V. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di PAUD/ TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu Journal, 12(2), 137-145. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.634

Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-8.
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i1.33

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Utami, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Bubybus pada Gadget Terhadap Kemampuan Literasi Awal pada Anak Kelompok A di PAUD IT Fathiyyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 299-307.

Vittrup, B., Snider, S., Rose, K. K., & Rippy, J. (2016). Parental Perceptions of The Role of Media and Technology in their Young Children's Lives. Journal of Early Childhood Research, 14(1), 43-54. https://doi.org/10.1177/1476718X14523749

Warisyah, Y. (2015). Pentingnya "pendampingan dialogis" orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 130-138.

Yulianingsih, W., Suhandji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Zemliansky, P., & Wilcox, D. (2010). Design and Implementation of Educational Games: Theoretical and Practical Perspectives: Theoretical and Practical Perspectives. IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-61520-781-7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.