Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun


Uswatun Hasanah Masra Tangse(1Mail), Dimyati Dimyati(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Uswatun Hasanah Masra Tangse
Article Analytic
  [File Size: 238KB]  Language: id
Received : 2021-02-26  |  Published : 2021-03-21
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 294 times  PDF Downloaded: 115 times

Abstract


Bermain menjadi salah satu cara anak belajar dan meningkatkan kemampuannya. Melalui bermain membuat anak jadi sehat secara fisik maupun psikis, membantu pertumbuhan dan perkembangan anak khususnya kemampuan motorik kasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan permainan estafet sebagai salah satu kegiatan yang menggunakan fisik motorik dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Permainan estafet ini memiliki 4 kegiatan bermain yang didalamnya terdapat kegiatan yang mengandung unsur motorik kasar. Penelitian ini menggunakan metode quasiexperiment dengan one group pretest-posttest design, dan melibatkan 15 anak disalah satu TK di Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada bulan September 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan estafet terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Kegiatan permainan estafet ini juga dapat menjadi salah satu acuan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di sekolah maupun diluar sekolah.


Keywords


anak usia dini; motorik kasar; permainan estafet

References


Abdelgawad, H. A., & Mohamed, M. M. (2018). Effect of Body Mass Index on Gross Motor Development in Normal Children Effect of Body Mass Index on Gross Motor Development in Normal Children. December 2017, 2-7.

Abdillah, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446

Andini, P. (2018). Bermain dan Permainan Anak usia Dini. In A. Asmara (Ed.), Kencana (Vol. 1, p. 236). PT Remaja Rosdakarya.

Bambang, S. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bodi, S. K., & Belajar, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Kelistrikan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Program. 13(01), 75-79.

Bodrova, E., Germeroth, C., & Leong, D. J. (2013). Play and Self-Regulation: Lessons from Vygotsky. American Journal of Play, 6(1), 111-123. http://eric.ed.gov/?id=EJ1016167

Caroli, M., Malecka-Tendera, E., Epifani, S., Rollo, R., Sansolios, S., Matusik, P., & Mikkelsen, B. E. (2011). Physical activity and play in kindergarten age children. International Journal of Pediatric Obesity, 6(SUPPL. 2), 47-53. https://doi.org/10.3109/17477166.2011.613671

Faigenbaum, A. D., Westcott, W. L., Loud, R. L., & Long, C. (1999). The effects of different resistance training protocols on muscular strength and endurance development in children. Pediatrics, 104(1). https://doi.org/10.1542/peds.104.1.e5

Fajrina, H. N. (2015, November). Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan. CNN Indonesia. http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan/

Fjrtoft, I. (2004). Landscape as Playscape: The Effects of Natural Environments on Children's Play and Motor Development. Children, Youth and Environment, 14(2), 21-44. http://www.colorado.edu/journals/cye/

Hu, B. Y., Li, K., De Marco, A., & Chen, Y. (2015). Examining the Quality of Outdoor Play in Chinese Kindergartens. International Journal of Early Childhood, 47(1), 53-77. https://doi.org/10.1007/s13158-014-0114-9

Lestari, I., & Ratnaningsih, T. (2016). The Effects of Modified Games on the Development of Gross Motor Skill in Preschoolers. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(3), 216. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i3.4542

Lovasi, G. S., Jacobson, J. S., Quinn, J. W., Neckerman, K. M., Ashby-Thompson, M. N., & Rundle, A. (2011). Is the environment near home and school associated with physical activity and adiposity of urban preschool children? Journal of Urban Health, 88(6), 1143-1157. https://doi.org/10.1007/s11524-011-9604-3

M. Fadlilah. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. In Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Belajar.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. In Menjadi Guru PAUD Profesional (p. 400). Elex Media Komputindo.

Morrison, K. M., Cairney, J., Eisenmann, J., Pfeiffer, K., & Gould, D. (2018). Associations of Body Mass Index, Motor Performance, and Perceived Athletic Competence with Physical Activity in Normal Weight and Overweight Children. Journal of Obesity, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/3598321

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Pertama). Prenada Media Group.

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Santrock, J. (2007). Perkembangan Anak: Jilid 1 (edisi kesebelas) (Kesebelas). Erlangga.

Serpentino, C. (2011). "The moving body": A sustainable project to improve children's physical activity at kindergarten. International Journal of Pediatric Obesity, 6(SUPPL. 2), 60-62. https://doi.org/10.3109/17477166.2011.613680

Story, M., Kaphingst, K. M., & French, S. (2006). The role of child care settings in obesity prevention. In Future of Children (Vol. 16, Issue 1, pp. 143-168). https://doi.org/10.1353/foc.2006.0010

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (kedua). Penerbit Alfabet Bandung.

Sunarsih, S., & Dkk. (2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Penjas Orkes SD VI. Penerbit Erlangga.

Tandon, P., Hassairi, N., Soderberg, J., & Joseph, G. (2020). The relationship of gross motor and physical activity environments in child care settings with early learning outcomes. Early Child Development and Care, 190(4), 570-579. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1485670

Veldman, S. L. C., Jones, R. A., & Okely, A. D. (2016). Efficacy of gross motor skill interventions in young children: an updated systematic review. BMJ Open Sport & Exercise Medicine, 2(1), e000067. https://doi.org/10.1136/bmjsem-2015-000067


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.