- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Profil Pembelajar Knowledgeable dan Kreativitas Siswa TK A Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.1140Keywords:
media buku cerita, berpengetahuan luas, kreativitasAbstract
Gambar merupakan media visual yang membantu siswa untuk memahami sebuah pengetahuan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas dengan penggunaan media pembelajaran visual melalui ruang lingkup berupa buku cerita bergambar yang dilakukan pada kelompok usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media buku bergambar terhadap profil pembelajar knowledgeable dan kreativitas pada kelompok usia 4-5 tahun Proses pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil observasi dan hasil analisis mengenai hasil pencapaian siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis and Taggart dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini dengan penggunaan media buku bergambar pencapaian profil pembelajar knowledgeable dan kreativitas mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan kondisi pra-penelitian. Melalui media buku cerita bergambar, para guru dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan gagasan yang dimilikinya serta menumbuhkan inspirasi dan motivasi dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Berk, L. E. (2014). Development Through the Lifespan (7th ed.). Pearson.
Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923
Duffy, B. (2006). Supporting creativity and imagination in the early years. In Supporting early learning.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Grammenos, D., & Antona, M. (2018). Future designers: Introducing creativity, design thinking & design to children. International Journal of Child-Computer Interaction, 16, 16–24. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2017.10.002
Gunawan, A., & Suhardi, S. (2019). Thematic-integrative-based pictorial book for improving the understanding reading skills of elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v7i2.14993
Hallgren, K. A. (2012). Computing Inter-Rater Reliability for Observational Data: An Overview and Tutorial. Tutorials in Quantitative Methods for Psychology. https://doi.org/10.20982/tqmp.08.1.p023
Hidayat, S., Anggraeni, F. D. R., & Mukhlishoh, S. (2020). Pengembangan Buku Bergambar Bertekstur Dilengkapi Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Sub Materi Jaringan Epitel Kelas XI SMA. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1). https://doi.org/10.32939/symbiotic.v1i1.2
Kautz, D. D. (2007). Reading children’s books to awe and inspire nursing students. In Nurse Educator (Vol. 32, Issue 5). https://doi.org/10.1097/01.NNE.0000289381.29255.1b
Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving creativity room to students through the friendly school’s program. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 1–7. https://doi.org/10.31219/osf.io/zebpd
Lin, P. H., Huang, Y. M., & Chen, C. C. (2018). Exploring Imaginative Capability and Learning Motivation Difference Through Picture E-Book. IEEE Access, 6. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2875675
Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111
Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461–469. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186
Pratama, R. N., Abidin, Y., & Ismail, M. helmi. (2016). Meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini mealui metode bercerita menggunakan media pop-up book. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10532
Pribadi, B. A. (2009). Pendekatan Konstruktivis dalam Kegiatan Pembelajaran. In Sosok Kurikulum dalam Tataran Penerapan (pp. 132–152). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7276
Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10527
Samuelsson, I. P., & Johansson, E. (2006). Play and learning-inseparable dimensions in preschool practice. Early Child Development and Care, 176(1), 47–65. https://doi.org/10.1080/0300443042000302654
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.
Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Septianingsih, N., Asmawati, L., & Sayekti, T. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137–142. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
Situmorang, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas : Strategi Menulis Proposal, Laporan, dan Artikel Ilmiah. Rajawali Pers.
Sri Maruti, E. (2019). Implementation of the Student Facilitator and Explaining Model in Learning Skills of Reading Skills in SD. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i1.84
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Edcomtech, 1, 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783
Wardhani, I. G. A. ., & Wihardit, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.
Wiggins, G., & McTighe, J. (2011). The Understanding by Design Guide to Creating High-Quality Units. ASCD.
Windhiyanti, W. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Kedudukan Dalam Keluarga Dengan Pendekatan Pakem. Perspektif Ilmu Pendidikan, 23(XIV), 58–65. https://doi.org/10.21009/pip.231.5
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zonna, L. M. (2014). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 1 Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk. PAUD Teratai, 3(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/6519/3419