Pengembangan Profil Pembelajar Knowledgeable dan Kreativitas Siswa TK A Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar

Authors

  • Aninda Rosalia Sekolah Bogor Raya, Indonesia
  • M.B. Rini Wahyuningsih Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.1140

Keywords:

media buku cerita, berpengetahuan luas, kreativitas

Abstract

Gambar merupakan media visual yang membantu siswa untuk memahami sebuah pengetahuan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas dengan penggunaan media pembelajaran visual melalui ruang lingkup berupa buku cerita bergambar yang dilakukan pada kelompok usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media buku bergambar terhadap profil pembelajar knowledgeable dan kreativitas pada kelompok usia 4-5 tahun Proses pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil observasi dan hasil analisis mengenai hasil pencapaian siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis and Taggart dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini dengan penggunaan media buku bergambar pencapaian profil pembelajar knowledgeable dan kreativitas mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan kondisi pra-penelitian. Melalui media buku cerita bergambar, para guru dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan gagasan yang dimilikinya serta menumbuhkan inspirasi dan motivasi dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berk, L. E. (2014). Development Through the Lifespan (7th ed.). Pearson.

Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923

Duffy, B. (2006). Supporting creativity and imagination in the early years. In Supporting early learning.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Grammenos, D., & Antona, M. (2018). Future designers: Introducing creativity, design thinking & design to children. International Journal of Child-Computer Interaction, 16, 16–24. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2017.10.002

Gunawan, A., & Suhardi, S. (2019). Thematic-integrative-based pictorial book for improving the understanding reading skills of elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v7i2.14993

Hallgren, K. A. (2012). Computing Inter-Rater Reliability for Observational Data: An Overview and Tutorial. Tutorials in Quantitative Methods for Psychology. https://doi.org/10.20982/tqmp.08.1.p023

Hidayat, S., Anggraeni, F. D. R., & Mukhlishoh, S. (2020). Pengembangan Buku Bergambar Bertekstur Dilengkapi Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Sub Materi Jaringan Epitel Kelas XI SMA. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1). https://doi.org/10.32939/symbiotic.v1i1.2

Kautz, D. D. (2007). Reading children’s books to awe and inspire nursing students. In Nurse Educator (Vol. 32, Issue 5). https://doi.org/10.1097/01.NNE.0000289381.29255.1b

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving creativity room to students through the friendly school’s program. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 1–7. https://doi.org/10.31219/osf.io/zebpd

Lin, P. H., Huang, Y. M., & Chen, C. C. (2018). Exploring Imaginative Capability and Learning Motivation Difference Through Picture E-Book. IEEE Access, 6. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2875675

Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111

Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461–469. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Pratama, R. N., Abidin, Y., & Ismail, M. helmi. (2016). Meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini mealui metode bercerita menggunakan media pop-up book. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10532

Pribadi, B. A. (2009). Pendekatan Konstruktivis dalam Kegiatan Pembelajaran. In Sosok Kurikulum dalam Tataran Penerapan (pp. 132–152). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7276

Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10527

Samuelsson, I. P., & Johansson, E. (2006). Play and learning-inseparable dimensions in preschool practice. Early Child Development and Care, 176(1), 47–65. https://doi.org/10.1080/0300443042000302654

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394

Septianingsih, N., Asmawati, L., & Sayekti, T. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137–142. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653

Situmorang, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas : Strategi Menulis Proposal, Laporan, dan Artikel Ilmiah. Rajawali Pers.

Sri Maruti, E. (2019). Implementation of the Student Facilitator and Explaining Model in Learning Skills of Reading Skills in SD. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i1.84

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Edcomtech, 1, 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783

Wardhani, I. G. A. ., & Wihardit, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.

Wiggins, G., & McTighe, J. (2011). The Understanding by Design Guide to Creating High-Quality Units. ASCD.

Windhiyanti, W. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Kedudukan Dalam Keluarga Dengan Pendekatan Pakem. Perspektif Ilmu Pendidikan, 23(XIV), 58–65. https://doi.org/10.21009/pip.231.5

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zonna, L. M. (2014). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 1 Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk. PAUD Teratai, 3(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/6519/3419

Downloads

Additional Files

Published

25-08-2023

How to Cite

Rosalia, A., & Wahyuningsih, M. R. (2023). Pengembangan Profil Pembelajar Knowledgeable dan Kreativitas Siswa TK A Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4531–4542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.1140

Issue

Section

Articles