Kegiatan Menggambar Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial-Emosional Anak Usia Dini

Christiani Endah Poerwati(1), I Made Elia Cahaya(2),


(1) Program Studi PG- PAUD, Fakultas Ekonomika dan Humaniora, Universitas Dhyana Pura, Bali, Indonesia
(2) Program Studi PG- PAUD, Fakultas Ekonomika dan Humaniora, Universitas Dhyana Pura, Bali, Indonesia
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak melalui kegiatan menggambar berbasis proyek. Penelitian dilaksanakan pada anak PAUD Pelita Kasih, Dalung kelompok B semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan prosedur empat-tahap, yaitu:  1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pengambilan tindakan, 3) Tahap pengembangan, 4) Tahap refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni melalui observasi. Proses pengumpulan data melalui teknik observasi ini menggunakan panduan rubrik untuk merekam data mengenai kemampuan sosial-emosional yang ditunjukkan anak usia dini dalam kegiatan menggambar berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan sosial-emosional anak dalam kegiatan menggambar berbasis proyek. Ketuntasan kemampuan sosial emosional anak pada observasi awal 17 anak (68%), siklus I sebanyak 19 anak (76%), dan siklus II 23 anak (92%). Maka dapat dikatakan bahwa metode proyek sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan efektif dalam kegiatan menggambar yang dapat meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak usia dini


Keywords


Anak Usia Dini; Kegiatan Menggambar; Metode Proyek; Kemampuan sosial emosional

References


Cartledge, G., & Kiarie, M. . (2011) ‘Learning Social Skills Through Literature For Children And Adolescents. Teaching Exceptional Children’, 34(2), p. 40–47.

Davido, R. (2012) La Decouverte de Votre Enfant Par le Dessin (Mengenal Anak Melalui Gambar. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Fauziddin, M. (2016) ‘Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar.’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), pp. 29–45.

Geldard, K. & D. G. (2012) Konseling Anak-Anak; Sebuah Pengantar Praktis. 3rd edn. Jakarta: PT. Indeks.

Günindi, Y. (2015) ‘Preschool Children’s Perceptions of the Value of Affection As Seen in Their Drawings’, International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), pp. 371–382.

Hurlock, E. B. (2012) Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. 5th edn. Jakarta: Erlangga.

Kartono, K. (2007) Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Cv. Mandar Maju.

Kemendikbud (2014) Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 146 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia.

Lovitt, T. (2007) Preventing School Failure: Tactics For Teaching Adolescents. Austin: TX: Pro-Ed Publisher.

Madya, S. (2011) Penelitian Tindakan: Action Research; Teori dan Praktek. Bandung: Alfabet.

Mertler, C. A. (2011) Action Research, Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Papalia, Diane E. Sally Wendkos Old, dan R. D. F. (2010) Human Development (Psikologi Perkembangan). 9th edn. Jakarta: Prenada Media Group.

Pebriana, P. (2017) ‘Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini’, urnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–11.

Rachmawati, Y. dan E. K. (2010) Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soetjiningsih, C. H. (2012) Perkembangan Anak, Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Widayat, I. W. (2016) Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Prenada Media Group


Full Text: PDF Full Text

Article Metrics

Abstract View : 13 times
PDF Full Text Download : 5 times

DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.