Implementasi Pendekatan Tematik Sains Berbasis Permainan dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Ayu Suryaningsih(1), Ni Luh Rimpiati(2),


(1) PG-PAUD, Fakultas Ekonomika dan Humaniora, Universitas Dhyana Pura, Bali Indonesia
(2) PG-PAUD, Fakultas Ekonomika dan Humaniora, Universitas Dhyana Pura, Bali Indonesia
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pendekatan tematik sains berbasis permainan. Penelitian dilaksanakan pada anak TK Pradnyandari III Kerobokan kelompok B (usia 5-6 tahun) semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur yang terdiri dari empat tahap, yaitu:  perencanaan, pengambilan tindakan, pengembangan (observasi), dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Data peningkatan kemampuan kognitif anak dianalisis secara deskriptif. Hasil yang ditemudan dalam  pelaksanaan penelitian ini yakni adanya peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini, setelah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan tematik sains berbasis permainan. Pada observasi awal menunjukan angka ketuntasan sebesar 37,5%. Peningkatan ketuntasan kemampuan kognitif anak terjadi pada pada siklus I, menjadi 70,83% dan kembali meningkat di siklus II menjadi 91,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan tematik sains berbasis permainan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini

Keywords


anak usia dini; pendekatan tematik sains; permainan kemampuan kognitif

References


Agung, A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. JURNAL OBSESI Journal of Early Childhood Education, 1(2), 111–117.

Christianti, M. (2007). Anak dan Bermain. Jurnal Club Prodi PGTK UNY, 1, 3–4.

Mertler, C. A. (2011). Action Research, Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miller, Edward and Almon, J. (2009). Crisis in the Kindergarten Why Children Need to Play in School. United States of America: Alliance for Childhood. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED504839.pdf

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.

Mushlih, A. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. JURNAL OBSESI Journal of Early Childhood Education, 2(1), 94–101.

NAEYC. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age (2009). Retrieved from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globallyshared/downloads/PDFs/resources/position-statements/PSDAP.pdf

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Nuh, M. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 (2014).

Pudjiati, S.R.R dan Masykouri, A. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.

Pursitasari, I.P., Nuryanti, S., & Rede, A. (2015). Promoting of Thematic-based Integrated Science Learning on the Junior High School. Journal of Education and Practice., 6(20).

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Seefeldt, Carol & Wasik, B. . (2008). Pendidikan Anak Usia Dini; Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Siskandar. (2003). Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA &Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Full Text: PDF Full Text

Article Metrics

Abstract View : 25 times
PDF Full Text Download : 10 times

DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.