Author
Nia Ulfasari(1), Puji Yanti Fauziah(2),
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta,
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 288KB]
Published : 2021-07-22
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 2076 times PDF Downloaded: 746 timesAbstract
Pandemi virus corona (Covid-19) sangat mempengaruhi cara belajar anak-anak. Sehingga, mereka perlu mendapatkan dukungan dan pendampingan lebih dari orang tua, keluarga, guru dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendampingan yang di lakukan orang tua pada pembelajaran anak di rumah di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripitif untuk memperoleh informasi berkaitan dengan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul selanjutnya di analisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap profesi memiliki pendampingan yang berbeda-beda pada pendidikan anak di masa covid-19, serta faktor penghambat dan pendukung dalam mendampingi anak juga berbeda dalam setiap profesi. Namun, semua orang tua dengan berbagai profesi sepakat bahwa pendampingan untuk anak di masa COVID-19 itu penting.
Keywords
References
Aji, T. (2020). Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, Menjadi Tanggung Jawab Siapa? BDK Jakarta Kemenag RI. Bkdjakarta: Kemenag.Go.Id. Diambil dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa
Alia, T. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65-78.
https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. FIKROTUNA, 7(1), 789-802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Angus, D. C. (2020). Optimizing the Trade-off between Learning and Doing in a Pandemic. JAMA - Journal of the American Medical Association. https://doi.org/10.1001/jama.2020.4984
Argarini, V. F. (2020). praktisi pendidikan dan komunikasi.
Bahasa, P. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diambil dari http://www.kamusbesar.com/38643/surealisme
Dewi, M. (2020). Analisis kerjasama orang tua dan guru dalam pembelajaran online di era COVID-19 di MI Azizan Palembang. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 54-64. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.661
Dinda Veska. (2020). Kiat pengasuhan di tengah wabah virus corona (COVID-19). Diambil dari https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/kiat-pengasuhan-COVID-19
Dong, C., Cao, S., & L. H. (2020). Young chidlren's online learning during covid-19 pandemic: Chinese parents beliefs and attitude. Children and Youth Service Review, 1-9. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (2020). Data Sebaran Covid-19.
Gutman, L. M., & McLoyd, V. C. (2000). Parents' management of their children's education within the home, at school, and in the community: An examination of african-american families living in poverty. Urban Review, 32(1), 1-24. https://doi.org/10.1023/A:1005112300726
Harahap, F. I. N. (2018). Pengaruh Hasil Program Parenting Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman,3(1), 1-15. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.367
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), 290-297. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878
Indonesia.go.id. (2020). Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Indonesia.go.id. Diambil dari https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Khadilkar, H., Ganu, T., & Seetharam, D. P. (2020). Optimising Lockdown Policies for Epidemic Control using Reinforcement Learning. arXiv. https://doi.org/10.1007/s41403-020-00129-3
Kholil, A. (2020). Panduan Orangtua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah dengan MIKIR. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Guru Berbagi). Diambil dari https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/panduan-orangtua-mendampingi-anak-belajar-dari-rumah-dengan-mikir/
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Mann, M., Hosman, C. M. H., Schaalma, H. P., & De Vries, N. K. (2004). Self-esteem in a broad-spectrum approach for mental health promotion. Health Education Research. https://doi.org/10.1093/her/cyg041
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase ( Covid-19 ) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Pgsd, 6(1), 39-49. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS
Oktaria, R. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Keislaman NIZHAM, 1(2), 173-184. Diambil dari https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/853/695
Sabiq, A. . (2020). Persepsi orag tua siswa ttg kegiatan belajar dirumah sebagai dampak penyebaran covid-19. Civic culture, 4(1), 1-7.
https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.41
Sahriana, N. (2019). Pentingnya pendampingan dialogis orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Smart Paud, 2(1), 60. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudarwan, D. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. In 1 (hal. 51). Pustaka Setia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman, Utami, A. B., Suwaryani, N., Safitrie, P., Sutrisno, A., Mangunwibawa, A. A., & Sugiyanto. (2016). Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga dengan Anak Usia SMA/SMK. In My Hero(Vol. 98, Issue 25). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari https://id.wikipedia.org/wiki/Orang_tua
syukur, taufik abdillah. (2020). Ilmu Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31219/osf.io/cnga2
Wahyudi, T. (2019). Paradigma Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital (Perspektif Pendidikan Islam). Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(01), 31. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1489
WHO. (2013). mental health action plan. mental health action plan 2013-2020, 86(1), 10-22. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa8601_03
Wyatt Kaminski, J., Valle, L. A., Filene, J. H., & Boyle, C. L. (2008). A meta-analytic review of components associated with parent training program effectiveness. Journal of Abnormal Child Psychology, 36(4), 567-589. https://doi.org/10.1007/s10802-007-9201-9
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yulianti, T. R. (2014). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah). Jurnal EMPOWERMENT, 4(2252), 11-24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p11-24.569
Refbacks
- There are currently no refbacks.