Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rods

Author


Erna Roostin(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 309KB]  Language: id
Available online: 2021-07-15  |  Published : 2021-07-15
Copyright (c) 2021 Erna Roostin
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 88 times PDF Downloaded: 41 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait kemampuan konsep bilangan anak usia 3-4 tahun di Kober Mentari Preschool Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan media Montessori number rods. Metode penelitian yang digunakan adalah library research adalah serangkaian kegiatan melalui 6 langkah kegiatan yaitu studi literatur, pengumpulan data, konsep yang diteliti, konseptualisasi, Analisa, kesimpulan dan saran. Peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif, adapun sumber data dalam penelitian ini merupakan sumber data yang dipakai peneliti seperti jurnal ilmiah nasional, artikel yang berkaitan dengan ebook dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan media Montessori number rods dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak usia 3-4 tahun, kegiatan pembelajaran mengenai konsep bilangan menjadi mudah dan menyenangkan bagi anak, media pembelajaran yang dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini dan anak tidak merasa sedang belajar namun mereka merasa sedang bermain.

Keywords


media montessori number rods; konsep bilangan; pendidikan anak usia dini

References


Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Grup.

Amalia, A., Syaodih, E., & Gustiana, A. D. (2020). Meningkatkan Penguasaan Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel. Edukid. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.21531

Anderson, J. (1993). Quality in Early Childhood Education.

Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Busthomi, M. . (2014). Panduan Lengkap PAUD (Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini).

Coppley, J. (2000). The Young Child and Mathematics.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 28 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Depdiknas (ed.)).

Depdiknas. (2014). Permendikbud RI Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas.

Dr. Hj. Khadijah, M. A. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (1st ed.). Perdana Mulya Sarana.

Eliyawati, E. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini.

Faziyah, M., & Muqawim, M. (2020). Model Pembelajaran Montessori dalam Membangun Kedisiplinan Anak di TK Awliya Kota Cirebon. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3404

Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Gettman, D. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar, Aktivitas Belajar Anak Balita. Pustaka Pelajar.

Iswanti. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memasangkan. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Maimunah dan Hasan. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press.

Noor, S., & Widayati, S. (2014). Pengaruh Alat Permainan Montessori Terhadap Kemampuan Berhitung Anak 1-10 Kelompok A KB-TK ARISSKA. PAUD Teratai.

Novita, A., & Muqowim, M. (2019). Inovasi Guru dalam Metode Pembelajaran Berhitung untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis di TK Kalyca Montessori School Yogyakarta. AL-ATHFAL : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-02

Nur Wulan, G. A., Priatna, D., & Ismail, M. H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10551

Pitamic, M. (2012). Teach Me To Do It Myself (Ajari Aku Melakukannya Sendiri). Pustaka Pelajar.

Pohan, N. (2018). Metode Montessori dalam Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini di RA Al Hasanah. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5180

Rahman, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. PAUD, 1. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167

Remaini. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD.

Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar "Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21".

Sriningsih Nining. (2008). Implementasi Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Pustaka Media.

Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini (1st ed.). Universitas Negeri.

Sudono, A. (1995). Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Depdibud.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898



Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.