Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini melalui Metode Montessori selama Pandemi Covid-19

Author


Dhiah Intan Permataputri(1Mail), Amir Syamsudin(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DIni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 286KB]  Language: id
Available online: 2021-06-25  |  Published : 2021-06-25
Copyright (c) 2021 Dhiah Intan Permataputri, Amir Syamsudin
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 160 times PDF Downloaded: 48 times

Abstract


Nilai Agama dan Moral (NAM) perlu ditanamkan sejak usia dini untuk bekal anak di usia tumbuh kembang selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran NAM melalui metode montessori selama pandemi covid-19. Penelitian ini dianalisis dengan metode kualitiatif deskriptif. Subjek dipilih menggunakan teknik sampel nonprobability sampling yaitu purposive sample. Terdapat 5 subjek penelitian yang terdiri dari 2 orang guru kelas, 2 orang tim kurikulum, dan 1 orang kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mengumpukan data dengan proses analisis melalui empat tahapan yaitu reduksi data, display data, kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan hasil wawancara dengan subjek penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran NAM selama pandemi covid-19 dilakukan dengan media sosial (zoom dan whatsapp). Pembelajaran NAM dikolaborasikan dengan metode montessori yang berpusat pada anak dan mengajarkan mengenai life skill, sehingga anak mudah memahami dan memiliki keterampilan hidup.

Keywords


pembelajaran nilai agama moral; montessori; covid 19; anak usia dini

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395-402.
https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.22

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111-117.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Azanella, L. A. (2020). Apa Itu PSBB hingga Jadi Upaya Pencegahan Covid-19. Editor: Inggried Dwi Wedhaswary. Kompas. Com.

Chan, J. F.-W., Yuan, S., Kok, K.-H., To, K. K.-W., Chu, H., Yang, J., Xing, F., Liu, J., Yip, C. C.-Y., & Poon, R. W.-S. (2020). A familial cluster of pneumonia associated with the 2019 novel coronavirus indicating person-to-person transmission: a study of a family cluster. The Lancet, 395(10223), 514-523.
https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30154-9

Damayanti, E. (2020). Improving children independence through Montessori teaching method. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 475-482.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333

Fauziddin, M. (2016a). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 107-116.

Fauziddin, M. (2016b). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29-45.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47

Hainstock. (2008). Kenapa Montessori? Mitra Media.

Hapsari, I. I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Indeks.

Hasbi, M.; Wahyuni, M.; Yuliantina, I. (2020). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pub. L. No. 20 (2003).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pub. L. No. 37 (2014).

Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease, Pub. L. No. 9 (2020).

Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 146 (2013).

Lestariningrum, A. (2014). Pengaruh penggunaan media VCD terhadap nilai-nilai agama dan moral anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 195-206.

Mamun, M. A., Chandrima, R. M., & Griffiths, M. D. (2020). Mother and son suicide pact due to COVID-19-related online learning issues in Bangladesh: An unusual case report. International Journal of Mental Health and Addiction, 1-4.
https://doi.org/10.1007/s11469-020-00362-5

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41-52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4

Muthmainah, F. (2017). Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Metode Maria Montessori di Brainy Bunch International Islamic Montessori School.

Nudin, B. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Anak Usia Dini melalui Metode Montessori di Safa Islamic Preschool. Millah: Jurnal Studi Agama, 1, 41-62. https://doi.org/10.20885/millah.vol16.iss1.art3

Nugraha, A.; Ritayani, U.; Siantiyani, Y.; Maryati, S. (2018). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(50). https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1849

Organization, W. H. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report, 82.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

Sa'ud, Udin Syaefudin; Makmun; Abin, S. (2005). Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komphrehensif. Remaja Rosdakarya.

Saregar, A., Jamaludin, W., & Septiani, R. (2019). Feasibility test of mobile learning with schoology: Efforts to foster the students' learning interest on magnetism. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 12060.
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012060

Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini: Bukan sekedar rutinitas. Paradigma, 1(02).

Setyowati, Y. (2013). Pola komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak (studi kasus penerapan pola komunikasi keluarga dan pengaruhnya terhadap perkembangan emosi anak pada keluarga Jawa).
https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.253

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah; Pencegahan; Pengendalian; Diagnosis dan Manajemen. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216

Zhou, L., Wu, S., Zhou, M., & Li, F. (2020). 'School's Out, But Class' On', The Largest Online Education in the World Today: Taking China's Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control As an Example. But Class' On', The Largest Online Education in the World Today: Taking China's Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control As an Example (March 15, 2020). https://doi.org/10.2139/ssrn.3555520

Zulkifli, N., & Febrialismanto, F. (2018). The Mapping of Development Strategy of Religious and Moral Values for Early Childhood in PAUD Kuok District, Kampar Regency. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 726-733.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.