Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini pada Suku Dayak Dusun Laek Desa Bengkilu

Author


Wahyuda Dwi Handoko(1Mail), Pujiyanti Fauziah(2), Dimyati Dimyati(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 230KB]  Language: id
Available online: 2021-06-27  |  Published : 2021-06-27
Copyright (c) 2021 Wahyuda Dwi Handoko, Pujiyanti Fauziah, Dimyati Dimyati
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 97 times PDF Downloaded: 34 times

Abstract


Terbatasnya penelitian tentang pengasuhan anak usia dini pada berbagai macam suku yang ada di Indonesia membuat peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang bagaimana pengasuhan anak usia dini  pada suku Dayak yang ada di Dusun Laek Desa Bengkilu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Suku Dayak Bakati Desa Bengkilu Yang Tinggal di Dusun Laek. Dalam  penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari ketua adat, purun (orang yang membantu dalam persalinan suku dayak) dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang  digunakan adalah model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menggabungkan antara gaya pengasuhan  authoritative (otoritatif) dan authoritarian yang diterapkan oleh para orang tua dalam mengasuh anak-anak mereka, sedangkan dalam sikap pengasuhan yang dilakukan orang tua dengan cara menanamkan nilai-nilai kesabaran, kejujuran, patuh, tegas, dan bebas serta menjunjung tinggi hukum adat dalam berperilaku

Keywords


pengasuhan; anak usia dini; suku dayak

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak: Studi Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Adpriyadi, & Sudarto. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 11. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572

Alfiadi. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan, Vol. VII,.

Botes, A. (1996). Qualitative research in nursing - Advancing the humanistic imperative. Health SA Gesondheid, 1(1). https://doi.org/10.4102/hsag.v1i1.304

Darmadi, H. (2016). Dayak Asal-usul dan Penyebaran Di Bumi Borbeo (1). SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 3, No.

Efendhi, F. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap KemandirianDalam Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 1(3).

Efobi A, & Nwokolo C. (2014). Relationship between Parenting Styles and Tendency to Bullying Behaviour among Adolescents. Journal of Education & Human Development, 3(1), 507-521.

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Fransiska, F., & Suparno, S. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dayak Desa Di Rumah Betang Ensaid Panjang. Jurnal Golden Age, 3(02), 95. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1655

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Hazizah, N. (2019). Permissive Parenting Effect toward Emotional Development of Early Childhood. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.17

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. FamilyEdu, 3(1), 35-45. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Iriani. (2014). Pola pengasuhan anak pada suku tolaki di sulawesi tenggara. Walasuji, 5(2), 265-276.

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga Penanaman Nilai & Penanganan Konflik dalam Keluarga. Kencana. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, A. D. A. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal basicedu, 3(2), 524-532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Muhrotien, A. (2012). Rekonstruksi Identitas Dayak. Yogykarta: TICI Publications.

Muthmainnah, -. (2015). Melatih Asertivitas Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 249-257. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3035

Na'im, A., & Syaputra, H. (2554). Kewarganegaraan, Suku Bnagsa, Agama, dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia (Hasil Sensus Penduduk 2010). Jakarta: Badan Pusat statistik. Diambil dari http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Neolaka, A., & Grace Amialia A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Pratiwi, K. E., Haniarti, & Usman. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak di SD Negeri 38 Kota Pare Pare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, VOL3 NO 1. https://doi.org/10.31850/makes.v3i1.288

Santrock, J. W. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sari, C. W. P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2), 87-93.
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4669

Setiono, K. (2011). Psikologi Keluarga. Bandung: PT ALUMNI.

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro'ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (Bandung). Alfabeta.

Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3 No. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Trianto. (2017). Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari R. (2016). Pola asuh anak usia dini (studi kasus pada orang tua yang mengikuti program bina keluarga balita (BKB) di kelurahan kutoharjo kabupaten purworejo. Universitas Negeri Semarang, 147, 11-40


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.