Pengenalan Pembelajaran Matematika oleh Orang Tua Anak Usia Dini di Masa Pandemi

Author


Berta laili Khasanah(1Mail), Dimyati Dimyati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 246KB]

Published : 2021-06-21

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1555 times PDF Downloaded: 741 times

Abstract


Dampak virus Corona (Covid-19) menjadikan sekolah tidak dibuka dan melakukan belajar dari rumah. Selama belajar dari rumah, keterlibatan orang tua menjadi sangat penting terutama dalam mengenalkan konsep matematika pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengenalan pembelajaran matematika oleh orang tua anak usia dini di masa pandemi. Desain penelitian ini adalah kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai sumber baik buku, skripsi, thesis, disertasi, dan publikasi artikel jurnal. Berdasarkan hasil kajian literatur pengenalan pembelajaran matematika oleh orang tua sebaiknya dengan metode bermain dan menggunakan media benda hidup atau mati yang berada di sekolah, di rumah, di jalan maupun di sekitar lingkungan anak. Berbagai tips kegiatan belajar matematika dari rumah seperti menghitung benda konkret, mengulang dengan bernyanyi sambil berhitung, berhitung menyentuh benda, bermain peran, dan tebak angka. Dengan begitu, kemampuan matematika berupa menghitung, mengelompokkan, mengurutkan, membandingkan, dan konsep geometri dapat terstimulasi dengan baik dan anak tidak bosan.


Keywords


matematika; pandemi; orang tua anak usia dini

References


A'yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33-40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601

Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

Bae, J., & Kim, J. (2020). A home connection program to promote mathematical interactions of parents: Effects on parents' mathematical interactions, parent-teacher cooperative relationship, and three-year-olds' mathematical ability. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 14(3), 113-138. https://doi.org/10.17206/apjrece.2020.14.3.113

Bozick, R., Owings, J. A., Frye, D., Baroody, A. J., Burchinal, M., Carver, S. M., Jordan, N. C., McDowell, J., Lortie-Forgues, H., Tian, J., Siegler, R. S., Powell, S. R., Herbert, M. A., Cohen, J. A., Casa, T. M., & Firmender, J. M. (2017). Mathematics Coursetaking and Achievement at the End of High School: Evidence From the Education Longitudinal Study of 2002. Journal of Writing Research, 2002, 165.

Diana. (2017). Pemanfaatan Ict Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini. Edukasi, 2(1). https://doi.org/10.18592/jea.v1i1.1534

Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1-16

Fauziddin. (2016). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal Paud Tambusai, 2(1), 55-62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Giganti, P. (2001). Math at Home: Helping your Children Learn and Enjoy Mathematics. Sonoma County Office of Education, California Math Project: North Coast, and California Mathematics Council.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Ismawati. (2020). Cara Seru Memperkenalkan Matematika Pada Anak. Ibu Pedia. https://www.ibupedia.com/artikel/balita/cara-seru-memperkenalkan-matematika-pada-anak

Karnawati, K., & Mardiharto, M. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 13. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.291

Kemdikbud. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD (Issue 021).

Kemdikbud, D. P. (2020). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Dirumah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1-26.

Kerkhof, N. (2017). Mom, Dad, Help Please: The Home Environment' s Influences on a Child's Math Ability. http://scholarship.claremont.edu/cmc_theses/1664

Kim, J. (2015). The Development and Validation of a Scale to Measure the Mathematical Interaction of Young Children's Parents. Korean Journal of Child Studies, 36(5), 95-113. https://doi.org/10.5723/KJCS.2015.36.5.95

Lestari KW. (2011). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. In Seri Bacaan Orang Tua. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional & Anak Usia Din.

Mirawati. (2017). Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 227-239. https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 35-40.

Musrikah. (2017). Pengajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(154-174). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.153-174

Novikasari, I. (2016). Matematika dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1-16. https://doi.org/10.38153/alm.v1i2.9

Obiakor, T., Andeniaran, A., & Obiakor, T., & Adeniran, A. (2020). COVID19: Impending Situation Threatens to Deepen Nigerias Education. Center For The Study Of The Economies Of Africa, 1-7.

Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2017). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 165-170.

Ramadan, D. (2019). Kecemasan Siswa Dalam Belajar Matematika. ResearchGate, May. https://www.researchgate.net/publication/333076983_Kecemasan_Siswa_Dalam_Belajar_Matematika

Ramdhani, A., Ramdhani, M., & Amin, A. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(01), 47-56.

Sa, N., & Kurniawati, T. (2020). Introduction of early childhood mathematics through online learning (e-learning) during the covid-19 pandemic period. Proceeding Umsurabaya, 272-280. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/5987

Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224-232.

Utami, F. (2020). Pembelajaran Matematika Anak usia Dini. Gramedia Communication.

Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153-159. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256

Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student's Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141-153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153

Yilmaz, Z. (2017). Young children's number sense development: Age related complexity across cases of three children. International Electronic Journal of Elementary Education, 9(4), 891-902.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.