Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh

Author


Kasihani Lestari(1Mail), Harun Harun(2), Pujiyanti Fauziah(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 228KB]  Language: id
Published : 2021-02-09
Copyright (c) 2021 Kasihani Lestari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 659 times PDF Downloaded: 643 times

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang dapat digunakan Taman Kanak-Kanak (TK) dalam masa pandemic agar kegiatan dapat berjalan dengan maksimal. Pada penelitian ini dipaparkan hal-hal yang dapat dilakukan Taman Kanak-Kanak seperti, kegiatan belajar, kerjasama dengan orangtua, metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan, serta media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan survei kepada 35 orang guru dan kepala Taman Kanak-kanak di Kecamatan Nanga Pinoh. Survei dilakukan dengan menyebarkan angket melalui aplikasi perpesanan online WhatsApp selama kurang lebih dua bulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian strategi yang diterapkan sekolah yaitu: (1) Kepala Taman Kanak-Kanak menjalankan perannya sebagai pemimpin, manajer, administrator, supervisor, educator, innovator, dan motivator. (2) guru mengemas pembelajaran secara bervariasi mulai dari bentuk pembelajaran yang sesuai, memperhatikan kebutuhan anak, kegiatan yang melatih kemandirian anak, menggunakan media yang sesuai, menggunakan metode yang beragam, dan menjalin kerja sama dengan orang tua.


Keywords


strategi; taman kanak-kanak; pandemi covid-19

References


Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. 5(1), 686697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. 5(1), 414421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2021). Strategi Pembelajaran Physical Distancing PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. 5(2), 15361543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.919

Cronje, J. C. (2020). Towards a new definition of blended learning. Electronic Journal of E-Learning, 18(2), 114135. https://doi.org/10.34190/EJEL.20.18.2.001

Falan, A., Auliya, S., & Fauziah, P. Y. (2021). Advices for Involving Parents in Children s Learning Activities from School to Home. 5(2), 10731082. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.621

Giannousi, M., Nikolaos, V., Vassiliki, D., Panagiotis, A., & Efthimis, K. (2014). A COMPARISON OF STUDENT KNOWLEDGE BETWEEN TRADITIONAL AND BLENDED INSTRUCTION IN A. January, 99113.

Graham, C. R. (2003). The Chronicle of Higher Education.

Hapsari, S. M., Sugito, & Fauziah, P. Y. (2020). Jurnal Pendidikan Progresif Parent s Involvement in Early Childhood Education during the Covid-19. 10(2), 298311. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i

Kaur, M. (2013). Blended learning - its challenges and future. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 612617. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.248

Nasir, N., Bagea, I., Sumarni, S., Herlina, B., & Safitri, A. (2020). Memaksimalkan Fitur Breaking Rooms Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 611. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.662

Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. 5(2), 13131324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849

Ray, M., & Jat, K. R. (2010). Effect of electronic media on children. Indian Pediatrics, 47(7), 561568. https://doi.org/10.1007/s13312-010-0128-9

Saifulloh, M. Muhibbin, Z. H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. 5(2), 206218.

Saltan, F. (2017). Blended Learning Experience of Students Participating Pedagogical Formation Program : Advantages and Limitation of Blended Education. 6(1). https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n1p63

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2021). Identifikasi Pola Asuh Orangtua di Kota Pontianak. 5(1), 923930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638

Swatman, P. M. C. (2006). e-Learning Readiness of Hong Kong Teachers. February.

Tissot, C., & Evans, R. (2003). Visual teaching strategies for children with autism. Early Child Development and Care, 173(4), 425433. https://doi.org/10.1080/0300443032000079104


Refbacks

  • There are currently no refbacks.