Penerapan E-learning pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pendemi Covid-19

Author


Cindy Tri Kusumawardani(1Mail), Dimyati Dimyati(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 317KB]  Language: id
Available online: 2021-06-20  |  Published : 2021-06-20
Copyright (c) 2021 Cindy Tri Kusumawardani, Dimyati -
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 230 times PDF Downloaded: 71 times

Abstract


Epidemi COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia. Hal ini berdampak pada semua aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terpengaruh adalah dunia pendidikan. Pendidikan Indonesia yang masih menggunakan sistem tradisional telah beralih menggunakan e-learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai penerapan e-learning pada anak usia dini di masa pandemi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan sumber pustaka yaitu menggunakan artikel jurnal dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning dapat diterapkan pada PAUD meskipun belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai macam hambatan ketika melaksanakan proses pembelajaran. Pembelajaran dilakukan menggunakan aplikasi whatsapp, youtube, instagram, googleclass, dan instagram. Selain itu, penerapan e-learning memberikan dampak pada pencapaian perkembangan anak. Sebagian besar dari aspek perkembangan anak mengalami penurunan kecuali aspek seni. Saran untuk peneliti selanjutnya yang membahas e-learning pada anak usia dini agar melakukan penelitian yang dilakukan secara lebih mendalam

Keywords


e-learning; pendidikan anak usia dini; masa pendemi covid-19

References


Adnan, M., Yousaf, Z., & Gilani, A. H. (2019). E-Learning with Digital Media and Human Development: The Way Forward for Pakistan. Journal of Educational Research, Dept. of Education, IUB, 22(2), 137-152.

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa'deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102, 67-86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004

Allan, B. (2014). The No-nonsense Guide to Training in Libraries. In The No-nonsense Guide to Training in Libraries. Facet Publishing. https://doi.org/10.29085/9781856049634

Alqudah, N. M., Jammal, H. M., Saleh, O., Khader, Y., Obeidat, N., & Alqudah, J. (2020). Perception and experience of academic Jordanian ophthalmologists with E-Learning for undergraduate course during the COVID-19 pandemic. Annals of Medicine and Surgery, 59(September), 44-47. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.014

Anshori, M., & Iswati, S. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Press.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Aparicio, M., Bacao, F., & Oliveira, T. (2016). An e-Learning Theoretical Framework An e-Learning Theoretical Framework. January.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33(20), 1-18.

Donnelly, P., Benson, J., & Paul, K. (2012). How to Succeed at E‐Learning. John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781118308455

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 93-102.
https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445

Febrian, D. A. (2020). Asal Mula dan Penyebaran Virus Corona dari Wuhan ke Seluruh Dunia. In Idntimes.Com. https://bali.idntimes.com/health/medical/denny-adhietya/asal-muasal-dan-perjalanan-virus-corona-dari-wuhan-ke-seluruh-dunia-regional-bali/full

Harsasi, M. (2015). The use of open educational resources in online learning: A study of students' perception. Turkish Online Journal of Distance Education, 16(3), 74-87. https://doi.org/10.17718/tojde.46469

Imron, R. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. XIII(2), 148-154.
https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922

Junus, I. S., Santoso, H. B., Isal, R. Y. K., & Utomo, A. Y. (2015). Usability evaluation of the student centered e-Learning environment. International Review of Research in Open and Distance Learning, 16(4), 62-82. https://doi.org/10.19173/irrodl.v16i4.2175

Kacetl, J., & Semradova, I. (2020). Reflection on blended learning and e-learning - case study. Procedia Computer Science, 176, 1322-1327. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.141

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kepolisian Republik Indonesia. (2020). Maklumat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Virus Corona. 1(2), 1.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2013 tanggal 14 Januari 2013, (2013).

Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-Learning and Digital Media, 15(4), 191-216. https://doi.org/10.1177/2042753018785180

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

M, S. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 07(01). https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2O2O tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 1 (2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Mendikbud, R. I. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. In Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center. Nizamia Learning Center.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Nurul Fadlilah, A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Januari. Kompas, 1.

Qwords. (2019). Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini. Qwords. https://qwords.com/blog/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia/#:~:text=Pengguna internet juga merangkul berbagai,usia 30 sampai 34 tahun.&text=Dan usia diatas 65 tahun sudah mulai menurun.

Sahelatua, L. S., Victoria, L., & Mislinawati. (2017). Kendala Guru Memanfaatkan Media It Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Siswoyo, D., Sulistyono, T., Dardiri, A., Rohman, A., Hendrowibowo, L., & Sidharto, S. (2013). Ilmu pendidikan. UNY Press.

Soekartawi. (2017). E-learning: Konsep dan Aplikasinya. In Paper presented in Balitbang Depdiknas Seminar ,18 Februari 2017 (Issue November). Universitas Pendidikan Ganesha.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Tafqihan, Z. (2011). Karakteristik Dan Pemilihan Media Pembelajaran Dalam E-Learning. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(2), 141-154.

Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia 1945.

Wahyuningsih, D., & Makmur, R. (2017). E-learning teori dan aplkasi. Informatika.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yundatama, Y., & Parno. (2015). E-Learning English for Children Aplikasi Mobile. Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Teknik Sipil), 6, 143-141.

Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17-26. https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5892

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.